5 Hal Yang perlu diperhatikan akan suatu Product


Dalam pembelian suatu barang, khususnya yang akan dimakan ataupun di pakai, maka yang mesti selalu diperhatikan adalah expired date nya.  biasakan itu yang mesti kita lakukan sebagai sesuatu yang kontinu di cek.

biasanya ada aturan tertentu bahwa dalam jangka waktu beberapa bulan sebelum Expired Date, semestinya product tersebut sudah tidak lagi di jual ataupun beredar di pasaran.  karena sudah harus ditarik oleh distributor dan dikembalikan ke produsennya.

hanya tentu masalahnya adalah bahwa apakah di lapangan kita akan temui hal seperti itu?  apalagi jika kita membeli di jalanan, yang kemungkinan kontrol akan expired date tsb kurang.

seandainya kita sempat terbeli akan product yang sudah ED tersebut, maka langkah yang perlu kita lakukan adalah: Mengembalikan product tersebut di tempat kita beli.  sebagai konsumen kita berhak untuk mendapatkan product yang baik, khususnya dalam hal ini yang belum expired.

selain masa expired ini, kita juga harus mengecek secara utuh akan product tersebut, terutama :

1.  cek bentuk luarnya.  jika itu adalah berupa kaleng, maka sebaiknya kalengnya masih dalam keadaan baik.  tidak penyok, ataupun bocor. kenapa?  tentunya jika sudah penyok or bocor, maka kita tidak bisa mengetahui kwalitas product di dalamnya

2.  jika dibuka, coba lihat warna nya.  ini memang harus dibandingkan dengan warna product sebelumnya, atau yang pernah kita beli.

3. ¬†coba kita gunakan indra penciuman kita. ¬†apakah ada berbau yang agak aneh? jika ya, sebaiknya jangan kita gunakan product itu. ¬†setiap product tentunya punya bau yang khas, jangan samakan bau obat dengan bau makanan ya ūüôā

4.  coba kita gunakan indra perasa kita.  ketika kita masukkan product tersebut di lidah [tentunya yang bisa dimakan/diminum ya, bukan digosok :)] jangan langsung di telan, tapi biasakan diam sebentar di lidah, sehingga jika terasa aneh dari biasanya tidak terlalu berefek pada tubuh.

5.  jika itu berupa minuman, coba dilihat voluemnya dulu.  biasanya pembuat product tersebut punya toleransi plus minus terhadap volume nya.  ambil kasarya aja adalah 5% ya.  jadi jika productnya 100ml, maka toleransi adalah 95ml Р105ml.  hati hati jika berkurangnya cukup significant, coba dilihat apakah ada kebocoran dari wadahnya ya.

karena judulnya 5 Hal Yang perlu diperhatikan akan suatu Product, jadi cukup dulu ya info nya, nanti akan disambung lagi.

Share Button