Beli Barang Melalui Internet


mencoba sesuatu di internet memang membutuhkan suatu kepercayaan diri yang tinggi, apalagi jika yang kita lakukan memerlukan dana yang keluar dari kantong kita sendiri.
ketika saya sedang mencari modem usb sebagai pengganti modem hp yang selama ini saya gunakan, maka saya pun mencoba untuk mencari dan mencari.  kebetulan saat tulisan ini dibuat sedang ada pameran di kota tempat saya berada. maka saya pun nyamperin ke tempat pameran tsb.
dalam penarian ini, saya melihat berbagai modem yang tersedia.  dengan harga yang bervariasi sesuai dengan spek yang ada.  setelah mencoba untuk mengumpulkan info tsb, saya pun juga coba searching kembali melalui internet.
akhirnya tibalah saya di sebuah website yang terkenal dengan menjual alat alat komputer & asesorinya.  di sana saya coba lihat sesuai dengan kebutuhan yang ada.  mata saya tertarik dengan modem Huawei 1550.
ini specificationnya:
– HSDPA/UMTS 850/2100 Mhz
– GSM/GPRS/EDGE 850/900/1800/1900 Mhz
– HSDPA up to 7.2 Mbps
– USB 2.0
– Plug & Play
– Simple & Easy

dari segi spec nya saya lihat bahwa ini sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan saya.  apalagi ketika saya melihat harganya dari Rp. 299.000 didiscount 10% menjadi Rp. 269.000 dan tanpa shipping cost.  langsung saya coba buy melalui website tsb.  tentunya ada sedikit ragu untuk mencoba membeli barang di internet. tapi dengan melihat reputasi website ini, maka keberanian pun muncul.  setelah mendaftarkan diri, saat itu saya tidak langsung mengadakan pembayaran melalui internet banking.  tetapi saya menunggu pulang kerja untuk mentransfernya melalui atm. karena memang jika timbul pemikiran lain, saya masih punya waktu untuk mencancelnya.
setelah membayar melalaui atm, maka saya langsung sms seperti pedoman ketika pendaftaran. besoknya saya lihat email pemberitahuan dari website tersebut atas pembayaran tsb.  dan memang benar dalam 2 hari sejak pembayaran di atm, barang tsb sampai juga di tempat saya.
dalam percobaan modem ini, awalnya sedikit mengalami masalah ketika connect. ternyata connectnya tidak bisa berjalan. padahal saya sudah mengikuti petunjuk yang ada. akhirnya saya coba mengganti tempat posisi usb, serta menguninstall serta install ulang modem ini.  dan akhirnya saya pun bisa membuat tulisan ini dari modem yang baru diperoleh

saran saja untuk mereka yang mencoba transaksi di website
1. pastikan website tsb adalah website yang terpercaya.
ada 2 cara yang bisa dilakukan, yaitu:
a. melalui forum di internet: misalnya ke kaskus.us untuk mengetahui keberadaan toko website tsb, atau
b. bertanya ke milis yang membahas tentang komputer / ponsel: misalnya milis mailplus
2. pastikan barang tsb sesuai dengan kebutuhan anda.
3. Pastikan harganya lebih murah atau paling kurang sama dengan tempat lainnya.  lebih bagus lagi jika ada discount khusus untuk itu
4. pastikan no rekening adalah nomor perusahan. akan nampak profesional pengelola dalam hal ini
5. pastikan ada respon baik melalui email maupun sms, setelah anda mengisi data yang dibutuhkan.  mengingat jika hanya yang ada di website, tanpa copy-an hasil pengisian data kita, itu bisa memusingkan kita ketika membuka kembali website keesokan harinya
6. pastikan uang anda cukup untuk transfer 🙂

sebelum menutup tulisan ini, anda bisa lihat barang yang saya beli dengan klik link ini. siapa tahu masih ada untuk anda

Share Button