Bentuk E-KTP


Beberapa bulan yang lalu, klu nga salah sekitar pertegahan tahun lalu, semua masyarakat yang tinggal dan mempunyai KTP ditempat saya dipanggil untuk diambil foto beserta data diri.
Ketika itu sesuai jadwal yang dibagi berdasarkan RT/RW berkumpul di kantor kelurahan. Banyak yang antri ketika itu walaupun keadaan hujan. Semangat untuk membuat KTP baru ini bisa terlihat dari jumlah orang yang menunggu giliran untuk dipanggil.
Bahkan info yang saya dapat bahwa petugas dikelurahan ini harus bekerja sampai larut malam menyelesaikan proyek e-ktp.
Beberapa bulan kemudian, tepatnya hari ini di bulan january, berarti sdh lebih setengah tahun, maka bukti fisik e-ktp ini bisa saya dapatkan.
Cara Untuk mendapatkan e-ktp ini sangat mudah:


1. Pastikan bahwa sudah ada pengumuman bahwa e-ktp sudah ada di RT/RW anda,
2. Siapkan KTP lama anda. Ini mesti asli, nga boleh fotocopy.
3. Datangi RT/RW dengan jadwal yang sudah disampaikan, jika ditempat anda dijadwalkan pembagiannya
4. Silahkan tandatangani form pengambilan bukti e-ktp dan form penyerahan ktp lama. Jadi ada 2 form ya
5. Anda sudah bisa memiliki KTP.

Belum semua e-ktp dibagi di tempat anda, setidaknya di tempat saya, karena waktu saya mau ambil ketemu dengan ibu yang meninformasikan kalau ada yg belum dapat. Tentunya jangan tanya ke saya ya kenapa belum dapat, karena saya pun tidak tahu kenapa 🙁

Jika anda belum memiliki e-ktp, tetapi sudah berfoto ria sebelumnya, coba anda tanya pengurus tempat anda tinggal, siapa tahu sudah ada pengumuman tapi anda tidak mengetahuinya 🙂

Oh ya, ternyata bentuk e-ktp ini agak berbeda dengan sebelumnya, yang saya dulu, kali ini bentuknya seperti kartu ATM. Hanya tadinya saya pikir ada semacam chip or apalah namanya, pada kartu tsb sehingga jika misalnya ditempelkan or di gosok di sebuah alat semacam reader akan muncul data diri kita. Ternyata perkiraan saya terlalu jauh kedepan (tapi boleh khan mengharap seperti itu)

Dikirim dari WordPress untuk BlackBerry menggunakan ☎IM3 sejak 2002®

Share Button