Berapa lama STNK Mobil Baru


ketika anda memiliki mobil atau motor baru, maka di awal penerimaan tentunya anda belum bisa untuk dipakai ke jalan raya, karena memang anda belum memiliki plat nomor mobil secara resmi serta STNK sebagai bukti kepemilikan mobil ini.  sekedar membagi pengalamam mobil Siepit yang saya miliki dalam proses pengurusan surat surat ini.  

sebagaimana biasa nya hal yang sering ditanyakan adalah : kapan akan mendapatkan STNK + Plat nomor resmi.  begitu juga saya sendiri menanyakan kepada marketing yang mengurus pembelian ini.  jawaban yang saya dapat adalah 1 bulan lama nya.  bagi saya ini memang termasuk lama, karena mobil Siepit bukan merupakan mobil import tapi mobil yang di buat di Indonesia.  karena memang yang saya tahu, jika mobil tersebut adalah mobil yang import langsung, maka prosesnya adalah 1 bulan.

kebetulan tetangga juga ada mobil baru dari Toyota juga, dan info yang saya dapat bahwa waktu untuk mendapatkan STNK tersebut adalah 2 minggu.  tentunya memang ada beda mobil dan ada beda Dealer disini, walaupun masih satu kota.

setelah jangka waktu satu bulan, maka saya pun menanyakan informasi keberadaan status STNK saya ini, yang ternyata setelah 1 bulan ini pun masih dalaam proses.  tetapi dibalik itu, memang marketing telah menyiapkan surat plat nomor lain sebagai plat nomor sementara.  lupa saya istilahnya…….

setelah lewat waktu, maka selain saya push ke marketing, maka saya pun menelepon ke kantor dealer ini, untuk dihubunngkan dengan bagian pengurusan STNK baru.  ternyata apa yang disampaikan oleh marketing sama dengan yang di infokan oleh kantor dealer.  sempat saya bertanya kenapa perlu waktu yang lama untuk proses ini, sedangkan tempat lainnya hanya memerlukan waktu 2 minggu.  jawaban yang saya dapat dari staff tersebut adalah: ” beda management”.

memang betul bahwa ada beda management dalam pengurusan surat surat ini, tetapi sebagai pembeli tentu nya ingin dealer tempat saya beli ini, bisa melihat delaer lainnya sebagai benchmark dalam menenetukan waktu pengerjaan ini.   hal ini sempat saya infokan ke marketing bahwa secara personal marketing itu sudah baik, tapi alangkah lebih baik kalau di tunjang oleh team internal lainnya untuk bersinergi.

setelah beberapa kali contact marketing dan Staff kantor , maka di waktu 48 hari saya dapat kabar kalau Plat nomor dan STNK nya sudah selesai.  ini berarti waktu untuk mengunggu sejak mobil Siepit alias Toyota Sienta Super White ini diserahkan ke saya sebagai konsumen sekitar 1,5 bulan.

kalau anda sendiri, berapa lama waktu yang sampai dapat ? share yuk

Share Button