Berbagi Pengalaman Service 1000km Toyota Sienta


Setelah berjalan nya waktu, tak terasa sudah 1 bulan lebih menggunakan Siepit, nickname nya dari Toyota Sienta super white 2 type G manual.  Bahkan km nya sendiri sudah lebih dari 1000 km tepatnya 1245km.
Pilihan untuk segera bookingan service pun dipikirkan.  Tetapi ada pilihan lainnya.  Karena sebelumnya alarm Siepit sempat bermasalah dan dikerjakan oleh team THS alias Toyota Home Service, maka penggunaan THS ini kembali timbul. Apalagi teknisi tersebut sebelumnya pernah nawarin melalui SMS setelah selesai mengerjakan alarm tsb untuk siap jika mau service 10000km.

Kontak pun saya lakukan.  Tapi sebelumnya saya punya sedikit problem, yaitu STNK alias plat nomor kendaraan saya belum keluar.  Sempat komunikasi dengan SA di beres maupun teknisi THS untuk masalah ini, dapat jawaban kalau tidak masalah walaupun belum selesai STNK nya, yang penting di buku service telah tercatat dan nantinya bisa di update jika sudah memiliki STNK.

Akhirnya jadwal pun di buat untuk THS mengerjakan di kantor. Dan teknisi THS ini adalah orang yang sama yang mengerjakan masalah alarm kemarin.

Setelah team ini datang, mereka datang berdua, lengkap dengan mobil operasionalnya maka Siepit pun siap di otak atik.  Sempat discuss sebentar untuk keluhan yang timbul, saya hanya menyampaikan untuk masalah rem tangan, karena sempat mundur di lampu merah ketika cuaca hujan.

Teknisi ini pun sempat menanyakan kabar alarm apakah masih bermasalah atau tidak.  Dan memang sejak diperbaiki sudah tidak bermasalah lagi.

Ketika saya menanyakan apa saja yang diperiksa untuk service 1000km ini, maka Diinfokan sesuai dengan buku service plus jika ada keluhan yang timbul.

Saya coba intip buku service nya, dinyatakan sbb.:

1.  Periksa semua tali kipas

2.  Periksa olie mesin

3.  Periksa slang slang dan persambungan sistem pendinginan dan header

4.  Periksa cairan pendinginan mesin

5.  Periksa pipa pipa gas buang dan dudukannya

6.  Periksa batere

7.  Periksa pedal kopling

8.  Periksa pedal rem & fungsi rem parkir

9.  Periksa minyak rem

10. Periksa minyak kopling

11. Periksa minyak power steering

12. Periksa suspensi depan dan belakang

13. Periksa kondisi ban ban dan tekanan pemompaan ya (termasuk ban serep)

14. Periksa semua lampu lampu, klakson, penghapus dan pembasuh kaca depan

15. Kencangkan mur dan baut baut pada chasis dan bodi

16. Periksa kecukupan isi cairan air conditioner atau pendingin udara

Itulah semua hal yang di checklist oleh tehnisi THS alias Toyota Home Service yang berkunjung ke kantor.

Selesai semuanya ini, teknisi sempat tanya apakah saya jarang ngerem mobil Siepit ini? Karena katanya dibandingkan lainnya ini kanvas rem nya masih sangat bagus.  Apakah saya sering menggunakan engine break ? Saya pun menjawab Yes 😁

Sebelum pergi tak lupa tentunya memberikan salam tempel sebagai bentuk ucapan terima kasih atas hasil yang diperoleh (jangan bilangin KPK ya 😎 ).  Sebagai pengganti bensin dan tol jika saya pergi ke beres.

Bagaimana dengan anda? Sudahkan melakukan service 1000km di tempat yang resmi?

Share Button