Bolehkan Apotek Menjual diatas HET



Beberapa hari yang lalu berhubung memerlukan obat, maka saya pun mencari apotek.

Kebetulan dalam perjalanan pulang, ada beberapa apotik yang dijumpai. Maka saya pun memutuskan untuk mendapatkan obat ini di salah satu apotek yang ada.

Setelah menanyakan merek obat yang dibutuhkan ternyata obatnya lagi kosong. Sehingga saya bertanya apa ada obat yang sejenis dengan obat yang saya butuhkan.

Maka mereka mengeluarkan satu obat.  Setelah membaca bahan utamanya maka saya putuskan untuk membelinya.

Seaktu saya tanya harganya maka mereka menyebut nominal harganya. Tapi ketika saya melihat obat ini, pada HET alias Harga Eceran Tertinggi, ternyata di bawah harga yang mereka sebutkan.  Apakah apotek bisa menjual obat di atas HET?

Saya coba tanya kenapa berbeda dengan yang ada di obat HET nya, mereka, ada 2 orang yang layani ketika itu, mengatakan kalau itu harga lama.

Dengan rasa penasaran Saya coba search untuk mendapatkan info hal ini.  Ada Permenkes No. 98 tahun 2015 tentang Pemberian Informasi Harga Eceran Tertinggi Obat dalam Bab III Pasal 7 ayat (1) disebutkan : apotik, toko obat dan instalasi farmasi RS / klinik hanya dapat menjual obat dengan harga yang sama atau lebih rendah dari HET.  Ayat (2) nya disebutkan kalau da0at menjual obat lebih tinggi dari HET apabila harga yang tercantum pada label sudah tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku

So… Bagaimana dengan Anda, apakah pernah mengalami pembelian obat di apotik lebih mahal dari print HET di box atau strip atau wadah obat tersebut?

Share Button