Cara mengatasi gangguan alarm pada Toyota Sienta 


Baru sekitar seminggu pemakaian Toyota Sienta super white 2 ini ( Siepit d/h sieput) maka ada timbul sedikit permasalahan dengan alarmnya.

Biasanya ketika Siepit ini di lock melalui remote maka otomatis fungsi alarm itu berjalan.  Dan jika ada sesuatu yang terjadi maka alarm akan memperingatkan kita akan ada sesuatu yang terjadi.

Kejadian bermula ketika kembali ke rumah.  Setelah nutup semua pintu dan di lock, tiba tiba dalam jarak waktu sekitar 30 menit alarm Siepit ini berbunyi sendiri.  Tanpa sebab yang kelihatan.  Mungkin anda berpikir ada orang yang iseng atau ada motor yang bunyinya memekakak telinga .  Tapi ini tidak ada apapun.  Coba lock kembali, tetapi dalam beberapa waktu kemudian, alarm tanpa sebab berbunyi kembali.  Akhirnya lock manual dengan memasukan anak kunci ke lubang kunci pun dilakukan.  Ini terjadi ketika berada di rumah mertua.  Tetapi ternyata hal yang sama terjadi ketika berada di rumah, tanpa ada sebab kembali alarm berbunyi.  Uniknya ketika itu parkir di kantor, dalam keadaan aman.

Maka untuk tidak memperpanjang masalah, saya datang ke bengkel untuk diselesaikan akan alarm ini.

Reset pun dilakukan oleh mereka.  Ini saya bisa lihat karena salah satu dari mereka membawa laptop ketika mobil ini diperiksa.  Test pun dicoba sebelum meninggalkan bengkel service ini.  Dan alarm tidak berbunyi, walaupun memang waktunya tidak lama utk pengetesan ini.

Mobil pun dibawa ke rumah dengan hati riang, paling kurang merasakan sedikit ketenangan ketika sudah di tangani.

Tetapi apa yang terjadi?

Setelah sampai di rumah, mobil di lock dengan remote, beberapa saat kemudian kembali mobil ini alarmnya berbunyi.  Coba kontak ke SA yang menangani plus kontak ke sales yang menjual mobil Siepit ini.  Bahkan ketika telpon, saya memperdengarkan suara alarm yang sedang berbunyi.  Merasakan sia sia perjuangan selama 1/2 hari dengan mengorbankan cuti untuk mengurus ini.

Karena perlu cari waktu yang tepat untuk datang lagi, maka saya pun melakukan lock manual untuk menghindari bunyi yang menganggu sekitarnya.  Bukan hanya di rumah, tetapi di kantor pun alarm ini seperti tidak mengenal tempat.  Bunyi dan bunyi terjadi, yang menyebabkan harus keluar untuk lock manual.

Akhirnya masa kesabaran pun habis.  Sebenarnya terbersit rencana mau komplain kembali ketika service ke 1000km tetapi apa daya, saya pun infokan kembali ke sales dan SA bengkel.  Tapi kali ini saya meminta THS alias Toyota Home Service yang datang memeriksa mobil ini. Setelah 2 hari kontak kontakan, maka dapatlah waktu untuk kunjungan THS ini ke kantor.

Dalam kunjungannya ini mereka datang berdua , sempat di tawarin sekaligus untuk service 1000km, tetapi saya tolak, dengan mengatakan kalau mau klaim alarm dulu, baru berikutnya untuk service 1000km, itu pun jika permasalahan ini beres.  Sempat terlihat kalau yang datang service ini berkonsultasi dengan handphone tentang posisi dll.  Entahlah apa yang disampaikan, tetapi terlihat kalau mereka berdua membuka yang ada di bawah setir serta yang ada di laci penumpang depan.  Hanya karena urusan pekerjaan, maka saya tinggalkan mereka.  Dan ketika selesai, melalui teman, disampaikan bahwa bunyi alarm ini masih terjadi karena ketika di reset semestinya sekaligus reset yang manualnya. Entah teknisnya seperti apa, tapi itulah yang disampaikan melalui teman saya yang menemuinya.

Saya tulis ini, berarti sudah 3 hari sejak THS datang untuk memeriksa alarm ini, dan Puji Tuhan sudah aman terkendali tanpa gangguan lagi dengan suara alarm yang tiba tiba mengganggu ini.

Bagaimana dengan mobil Toyota Sienta type G manual super white 2 anda? Apakah pernah mengalami hal yang sama? Saran saya segeralah ke bengkel resmi untuk diperiksa

Share Button