Cara mengatur rem sepeda


Pernahkah anda yang memiliki sepeda merasakan rem tangan sudah terlalu masuk ke dalam ketika di tekan rem nya?

Ini yang saya alami sendiri.  Secara sepeda saya sendiri tidak mengerti teknis bongkar pasang.  Sehingga ketika rem belakang maupun depan sewaktu di tekan terasa semakin masuk ke dalam grip pegangan tangan.

Maka yang terjadi, biasanya satu atau 2 jari memegang rem dan jari lainnya memegang gagang atau handlebar nya, sekarang malahan 4 jari saya harus memegang rem karena ketika di tekan sudah mendekati gagang tangan sepeda. Ini menjadi sangat berbahaya ketika turunan dan jalan tersebut tidak mulus.  Akan mengakibatkan pegangan tangan kita akan mudah lepas.

Coba search Om Google untuk masalah rem ini belum ketemu yang membahas.  Maka dengan modal nekat, saya coba menelusuri kabel rem sepeda ini.

Sekarang ini caranya.  coba Anda perhatikan gambar yang saya sertakan.

1. Yang saya tunjuk itu, coba Anda buka baut nya secara perlahan saja.

2. Dorong ke arah dalam sehingga kabel semakin pendek mendekati rumahnya

3.  Silahkan kencangkan kembali baut tersebut

4.  Coba tekan rem tangan.  Sesuaikan dengan kebutuhan anda.  Jika belum rasa cocok, mainkan lebih ke dalam atau ke luar yang ada baut tadi.

5.  Lakukan pada rem depan maupun rem belakang.

Nah, mudah kan dalam mensetting rem tangan ini?  Tetapi jika Anda masih ragu, silahkan cari bengkel sepeda terdekat.  Cukup Anda siapin 5.000 – 10.000 perak untuk atur rem ini.

Jika Anda punya tips lainnya, silahkan share di sini ya

Share Button