Cara mudah claim asuransi mobil


Service Body Repair Asuransi.
Untuk kali ke 2 ini, saya menggunakan fasilitas asuransi mobil untuk memperbaiki coret coretan yang ada di body mobil ini. Secara waktu, masih ada 1 tahun lagi sebelum habis masa berlakunya.

Coreta coretan yang ada di mobil ini memang sudah lama juga. Boleh di katakan keliling body mobil ini sudah kena. Dari depan yang spark bawah sempat berkibar karena di senggol motor, di samping kiri body karena sempat tergesek sudut rumah orang, body kanan yang ada goresan panjang entah kerjaan siapa, serta yang bagian belakang juga ada bekas di tabrak mobil dan motor. Dan pelengkapnya ada juga pada kaca depan yang kena batu ketika melaju di toll menuju Jakarta.
Dari kelengkapan coretan body ini, maka setelah mencari waktu terbaik di bulan Mei akhir claim asuransi pun dilakukan. Ada pun step yang saya lakukan adalah seperti ini;
1. Saya coba menghubungi Sales yang menjual kendaraan Xenia saya ini. Sebenarnya Sales ini sudah pindah kerja ke saudara kembarnya Xenia. Untunglah beliau mau membantu mengurusi body repair ini.
2. Sales ini menghubungi bengkel body repair. Nah tidak lama kemudian orang bengkel menghubungi saya menanyakan kapan mau masukkan mobil ini. Waktu itu karena hari Jumat, jadi saya putuskan untuk hari Senin saja.
3. Di hari Senin, kembali komunikasi dengan bengkel body repair terjadi. Kali ini mereka infokan kalau akan mengambil mobil ke kantor. Dan benar sore nya ada 2 orang bengkel yang datang untuk mengambil Xenia saya ini.
4. Sejujurnya saya tidak kenal mereka. Apalagi ketika yang menelpon dengan yang datang dan sms saya kalau sudah di security adalah orang yang berbeda. Perasaan waspada pun muncul. Walaupun ternyata orang yang nelpon ternyata barengan dengan yang sms tadi. Walaupun begitu untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, maka saya menggunakan ponsel saya untuk memfoto aja. Waspada itu perlu.
Pada besoknya, Sales mobil yang saya minta bantuan menanyakan saya kapan akan masukkan mobil, yang katanya di tanya oleh bengkel. Jesssss darah sedikit mengalir ke atas, karena kemarin sudah di ambil mobil tapi kenapa Selasa pagi di tanya lagi kapan mau di ambil. Segera deh saya lihat No. Telp bengkel tsb dan memverifikasi apakah xeblak saya sudah ada di bengkel atau belum. Ternyata jawabannya melegakan saya karena memang mobil sudah ada. Sepertinya ada mis komunikasi tapi membuat khawatir.
5. Sejak awal di infokan kalau akan berlangsung sekitar 2 Minggu. Tapi pada Minggu pertama saya sudah sms ke yang ambil mobil bagaimana kendaraan saya. Di infokan kalau sedang di kerjakan. Minggu ke 2 kembali saya menanyakan xeblak ini. Karena diinfokn 2 Minggu sehingga saya berharap benar terjadi. Tapi sampai hari Jumat Minggu ke 2, kendaraan masih belum selesai. Di Minggu ke 3 saya kembali infokan. Nah yang ambil mobil saya bilang kalau siap di antar, tetapi kaca depan masih nunggu. Jadi bisa dipakai dulu nanti balik lagi ketika kaca ini sudah datang untuk balik lagi buat dipasang. Hari untuk di antar saya menunggu sampai menjelang matahari terbenam. Ternyata belum juga datang, sehingga saya pun pulang sambil nitip ke security jika xeblak datang di tinggal aja di kantor.
6. Besoknya saya kontak yang akan antar tersebut. Karena alasan tertentu sehingga tidak jadi di antar. Nah berikutnya karena belum juga diantar, saya pun telpon langsung ke bengkel tersebut, untuk mendapatkan info xeblak ini. Saat itu dapat info kalau kaca sudah datang, sehingga ditawarkan untuk sekalian aja di ganti kaca. Ya daripada bolak balik sayapun setuju untuk hal ini. Jadi di hari Kamis, Minggu ke 3 setelah mobil di jemput, maka mob ini di antar langsung ke rumah.
7. Ketika mob datang, pemeriksaan fisik pun saya lakukan. Tetapi karena sudah malam, maka nya tidak terlihat secara jelas akan body ini. Hanya menggunakan cahaya lampu senter nya Xiaomi redmi 3 😃. Selain lihat body, juga pemeriksaan dalam kendaraan yang memang ketika penyerahan dulu barang barang saya amb dulu dari mobil. Mencegah lebih baik tentunya. Selain itu di buka juga kap mesin. Walaupun tidak ngerti mesin, minimal bisa lihat kalau semua lengkap.
8. Nah dari segi pembayaran ini, bahwa saya kena biaya sebesar Rp. 1.2jt untuk seluruh body termasuk kaca depan. Bagian yang diperbaiki ada di catatan yang di tunjukkan ke saya, tetapi tidak di berikan kertas tsb ke saya. Dan saya pun lupa untuk memfoto, sehingga minimal bisa tahu apa saja item per itemnya. Kelihatannya sih banyak, karena memang seperti di belakang, selain pintu belakang juga ada body yang di bawah pintu yang juga turut di kerjain. Ada semacam surat pernyataan yang saya perlu tanda tangani yang intinya saya punya waktu 14 hari jika ada claim untuk proses ini. Plus ada tagihan yang sudah di tandatangani dan cap dari bengkel. Sekali lagi untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, saya minta sopir yang antar untuk tandatangani lembar tagihan tsb kalau dia sudah terima uang saya.

Kalau bisa di simpulkan untuk plus minusnya adalah:

Minus:
# waktu yang di prediksi kan dari 2 minggu bertambah lebih 1 Minggu
# kita perlu aktif untuk menanyakan perkembangan pengerjaan mobil

Plus:
# mobil d jemput dan di antar, tanpa perlu kita ke bengkel.
# proses di asuransi ditangani langsung oleh bengkel.
# secara umum pengerjaan body repairnya memuaskan.

Ini pengalaman yang bisa saya bagikan. Bagaimana dengan Anda?

Share Button