Cara Mudah Membayar Pajak Bumi Bangunan


Setiap pemilik rumah atau bangunan yang ada di Indonesia tentunya mendapatkan apa yang dinamakan Pajak Bumi dan Bangunan disingkat PBB.
PBB ini meruapakan salah satu pendapatan atau pemasukan negara untuk pembangunan daerah dimana bangunan anda berada.
Saya pun mendapatkan lembaran PBB untuk dibayar deadline nya adalah 31 Agustus. Menunggu deadline bisa aja dilakukan, dan banyak orang melakukan karena berpikir masih ada waktu bukan. Mungkin juga anda berpikir seperti itu ya 🙂

Daripada menunggu sampai di ujung, mendingan ayo kita bayar sekarang ya. Ini saya coba berbagi pengalaman.
Berdasarkan pengalaman berurusan dengan tempat pembayaran publik biasanya jam pagi hari banyak yang datang sehingga saya coba datang pas di jam makan siang.
Karena di lembaran PBB itu di infokan untuk pembayaran bisa dilakukan di Bank BJB (alias Bank Jabar Banten) maka ini tujuan kedatangan saya.
Benar saja sekitar jam 12 kurang, tidak ada antrian yang terjadi di teller BJB sehingga langsung menyampaikan maksud dan tujuan dari kedatangan ini.
Setelah menyerahkan lembar PBB, atau jika anda tidak membawa asalkan menghafal no PBB, maka tellerpun memeriksa besar biaya yang perlu di bayarkan.
Ada sedikit perbedaan dengan membayar di kantor pajak. Saya inget karena ada keperluan yang perlu kelengkapan PBB sekitar 2-3 thn lalu, saya datang ke kantor pajak untuk membayar PBB. Nah disitu otomatis dapat diketahui kalau tahun sebelumnya masih ada tagihan yang belum terbayarkan, sehingga saya diminta untuk membayar 2 tahun sekaligus. Pembayarannya bukan di kantor Pajak, tetapi harus mencari ATM bank tertentu untuk membayar, dan kembali lagi ke kantor Pajak untuk memberikan buktinya. Oh ya Kenapa belum bayar ketika itu, mungkin anda bertanya gitukan? Jawabnya karena ketika itu saya tidak menerima tagihan PBB, entah kenapa. Dan tagihan PBB yg tidak ada itu, terjadi juga di tahun 2014, tetapi di tahun 2015 muncul kembali tagihan tsb. Tidak tahu, mungkin tepatnya belum saya ketahui, dimana terjadi masalah lembar tagihan tsb. Yang tidak datang ke rumah
Nah balik lagi ke pembayaran di teler tsb, karena tidak diinfokan tagihan tahun sebelumnya, maka sebagai warga negara yang baik (ehmm) maka saya infokan kalau saya pun mau sekalian bayar tahun 2014 untuk minta di cek sekaligus. Awas loh, yang telah baca artikel ini, harus jujur ya untuk taat bayar pajak 🙂
Hanya sekitar 10 menitan selesai lah urusan bayar membayar Pajak Bumi dan Bangunan ini. Mudah khan?
Gimana dengan pengalaman anda? Sudahkan bayar tepat waktu?

Dikirim dari WordPress untuk BlackBerry.

Share Button