Cara Mudah Mengisi Saldo E-Toll


Saat ini di kota besar jalan Toll sudah semakin bertambah seiring dengan pertumbuhan kendaraan yang setiap tahun bertambah.
Dalam pintu masuk maupun pintu keluar Toll ini sering kita lihat tulisan e-toll. Bahkan ada pintu khusus untuk pengguna kartu toll mandiri ini.
Kemacetan dipintu toll sering terlihat pada pintu pembayaran, ini kelihatan sangat kontras dengan pintu toll khusus pengguna e-money mandiri, yang biasanya lengang karena hanya sedikit mobil yang menggunakannya.

Salah satu community mobil kembaran xenia avanza, yaitu Nexa, mencoba menfasilitasi akan kartu e-toll ini. Kartu yang dibuat khusus untuk member New Xenia Avanza ini mulai disebarkan ke anggotanya di awal bulan kemerdekaan ini. Kartu dengan rancangan logo dari komunitas menjadi semacam kartu anggota, karena mencantumkan juga nama dan no ID masing masing.
Setelah mendapatkan kartu ini, tentunya perlu mencoba untuk mengisi ke salah satu minimarket dekat rumah.
Caranya ternyata sangat mudah untuk mengisi kartu prabayar seperti ini:
1. Setelah mengutarakan maksud hendak mengisi kartu, maka kasir men-tap-kan kartu ke alat. Tertera di layar kalau saldo nya 0.
2. mengutarakan untuk jumlah yang perlu diisi ke kasir. Saya infokan sebesar Rp. 50.000
3. Saya lihat bahwa kasir menggunakan kartu dan menggesekan di mesin edc. Kasir ini menutup dengan tangan akan tombol, karena sepertinya dia mengisi pin. Saya bingung nih, sepertinya tidak otomatis ada di komputer, seperti ketika kita beli pulsa pra bayar, tapi perlu kartu sendiri untuk digesek.
4. Kasir akan menanyakan nama anda. serta no telp. Disini saya juga nga menanyakan kenapa memerlukan nama ya? Kalau pembaca disini akan isi kartu prabayarnya, dan ditanya nama juga, tolong tanya kenapa ya 🙂
5. Saya serahkan kartu atm debit bank tertentu, ternyata kasir nya mengatakan nga boleh gesek harus cash. Mmmmmm saya pun tidak tahu dan tidak diberitahukan alasannya 🙁
6. Selasi itu, maka kartu prabayar ini di tap kembali untuk diperlihatkan saldo akhirnya.
Nah mudahkan khan mengisi kartu prabayar e-toll nya.
Tentunya ada keuntungan jika kartu e-Toll ini dibuat khusus dibandingkan kartu e-toll yang biasa di jual:
1. Menghindari hilang, kemungkinan untuk balik ada, karena ada logo komunitas beserta nama dan ID. Penemu kartu bisa mensearching dengan kata kunci “Nexa” untuk diinfoka ke komunitasnya
2. Menghindari tertukar. Jika suatu waktu dalam pengisian ada 2 or 3 orang yang mau mengisi, maka dengan identitas ini, bisa kita ketahui mana yang milik kita, apalagi jika kebetulan isi saldo nya besar 🙂
3. Menghindari tertinggal. seringkali ketika kita membayar sesuatu, kartu itu sendiri lupa kita ambil, kemudian pergi. Penulis sendiri pernah menemukan kartu atm yang tertinggal di mesin atm suatu supermarket. Penulis memberitahukan dan memberikan ke karyawan bagian informasi supermarket tsb yang menurut karyawan tsb sdh beberapa kali seperti ini. Sekaligus penulis infokan melalui twitter akan penemuan ini. Kalau ada logo komunitas beserta nama, tentu bisa menghindari kejadian seperti ini.
Yang berminat mau menggunakan kartu toll seperti ini, dan sekaligus memiliki xenia avanza, bisa search “Nexa” di om Google ya.
Ini pengalaman saya, bagaimana dengan anda?

Dikirim dari WordPress untuk BlackBerry.

Share Button