cara pasang karet balon pintu all new xenia


Dalam waktu 3 tahun pemakaian all new xenia pasti ada yang mengalami penggantian komponen. Salah satu yang perlu diganti adalah karet balon o yang ada di pintu kedua.
Awal mula adalah ketika turun hujan, ternyata ada air yang masuk di kiri belakang dekat pintu dan kelihatan air nya di dalam mobil.

Saya sempat nanya ketika service 40000km (baca tulisan saya lainnya) dan karetnya sudah tipis, sehingga perlu diganti.
Searching pun di lakukan. Yang akhirnya dapat info di kaskus. Setelah tanya dapat info kalau diperlukan 4 meter untuk 2 pintu belakang. Jadi satu pintu memerlukan 2 meter.
Akhirnya di hari minggu mulailah utak atik. Saya lakukan setelah gowes selesai karena olahraga jangan lupa tentunya.
Sebelum saya memotong 2 akan karet balon yang sudah saya beli. Saya coba ambil meteran untuk mengukur. Dan ternyata dari hasil ukuran, 1 pintu memerlukan lebih dari 2 meteran mmmmmm…… Untung aja saya belum memotong 2 bagian. Kebayangkan kalau sudah dipotong dan kependekan 🙁
Problem awal adalah bagaimana memasukan di jepitan yang bawah. Cabutnya mudah, hanya tarik ke atas pijakan yang warna krem itu, dan tarik yang karet asli. Nah untuk memasukan karet balon ini perlu perjuangan. Karena secara volume lebih besar dari asli, karena ada semacam tambahan balonnya. Memasukan di jepitan ini perlu kehatian hatian, jangan sampai akan merusak yang lain tentu. Obeng minus saya perlu untuk ngebantu mendorongnya. Sebelumnya obeng tersebut saya bungkus dengan selotip untuk tidak tajam saja. Harusnya masuk sekitar 2 ibu jari, tetapi saya hanya bisa masukkan sebesar 1 ibu jari. Untuk lebih masuk lagi, saya agak ragu, jangan sampai malahan akan bunyi brakk 🙂
Nah setelah hal yang sulit ini tercapai, maka kita tinggal mengikuti alur aja untuk memasukkan karet balon ini. Ada kelebihan ketika saya memasang di agak siang. Saya memulainya jam 10.00 tentunya saya pakai topi, kalau nga mateng nih kepala saya :). Dengan waktu panas ini, maka ketika karet di dorong ke rel nya, langsung masuk karena dibantu panas khan? Coba kalau anda buat dikala dingin, akan memerlukan effort yang lebih besar lagi khan.
Terakhir tentunya harus juga dijepit ke ujung yang satu yang dekat seatbelt pintu depan. Tapi ini agak mudah, karena ketika kita tarik maka bisa memasukkan karet sesuai dengan yang asli kedalamnya.
Yang terakhir tentunya mencoba menutup pintu. Agak harus dibanting dulu nih untuk menutupnya, karena kalau hanya menutup seperti biasa, maka tidak akan tertutup seluruhnya. Mungkin masih baru sehingga perlu penyesuaian.
Setelah selesai, saya coba cek berapa meter yang sisa dari saya beli. Hasilnya adalah 155 cm. Itu berarti 1 pintu all new xenia (mungkin juga all new avanza ) memerlukan panjang 245cm. Sisa karet ini, saya belum tahu akan pasang dimana, karena pasti kurang di pintu satunya.
Anda punya ide buat saya?

Dikirim dari WordPress untuk BlackBerry.

Share Button