Dari Xeblak ke Sieput


Perubahan akan situasi kehidupan begitu dinamis di dunia ini.  Tidak dipungkiri lagi munculnya bentuk dan model yang baru diserap tahun.  Termasuk dalam dunia otomotif.
Setelah hampir 5 tahun memegang Xeblak alias Xenia Black, all new Xenia type M warna Black tepatnya, maka terbersit keinginan untuk mengganti tunggangan.

Ada beberapa option yang timbul dalam pikiran, baik yang second maupun yang baru.  Yang second ada pada Nissan Serena karena harga yang terjangkau untuk bekasnya, sedangkan yang baru ada pilihan Honda Mobilio, Honda BR-V ataupun Toyota Sienta.

Melihat memilih dan membandingkan ini biasa dilakukan setiap orang.  Tetapi pilihan harus di tetapkan.  Akhirnya jatuhlah pilihan pada Toyota Sienta.

Ada beberapa dealer yang saya bandingkan satu sama lain, baik yang sudah punya cabang di mana mana, maupun cabang yang sedikit.

Ternyata dengan harga yang sama dalam pricelist, discount yang diberikan itu berbeda beda. Dari yang 18 juta sampai yang 25 juta.  Tentunya sebagai konsumen ingin memilih discount yang gede.  Secara discount 25 juta ini di bulan Februari dengan Vin 2017 ternyata ada 2 dealer yang siap memberikan sebesar angka tersebut.  Pilihan pun perlu diputuskan.  Akhirnya setelah mempertimbangkan satu dan 2 hal maka saya memutuskan untuk memilih dealer merdeka motor bandung untuk mendapatkan Toyota Sienta ini.

Secara proses pengurusan ke leasing hanya butuh 1 hari sejak di survey oleh mereka.  Termasuk cepat juga ini untuk team BCA finance dalam mengapprove permohonan ini.  Mungkin juga dibantu karena memang payrol dilakukan di BCA.

Dilain pihak dealer pun memproses secara cepat untuk mengeluarkan mobil Toyota Sienta ini.  Oh ya, saya perlu infokan dulu, bahwa untuk mendapatkan DP akan mobil ini, maka saya perlu menjual Xeblak sebelumnya.  Dan ini dilakukan dan dibantu oleh marketing dari dealer Merdeka Motor ini.  Price yang saya inginkan pun bisa terpenuhi.  Tentunya saya terlebih dahulu melihat baik di olx maupun mobil123 untuk compare harga jual second dari Daihatsu all new Xenia 2012 ini.

So, kalau mau dihitung waktunya bisa terbilang singkat.  1 hari proses survey, 1 hari proses jual mobil second, 1 hari kemudian mobil bisa dikirim ke konsumen.  Opss, maaf kirim ke konsumen perlu waktu 2 hari, karena ada kepotong hari libur bersama karena pilkada serentak.

So, jika anda ingin mengambil kendaraan dengan proses yang cepat, maka perlu menyiapkan berkas berupa:

1.  FC KTP suami & istri

2.  FC kartu keluarga

3.  FC PBB rumah anda

4.  FC buku tabungan anda.  Sebagai info, seharusnya perlu juga print 3 bulan tabungan, berhubung print BCA saya terakhir 2012, tetapi ternyata ini pun cukup tanpa print transaksi 3 bulan terakhir

5.  Print salary anda. Saya sudah siapkan, tetapi ternyata ini tidak dibutuhkan 😀

6.  Isi formulir SPK ke dealer.

7.  Npwp

Hanya itu berkas yang dibutuhkan untuk mengajukan kredit kendaraan bermotor di BCA finance.

Akhirnya Toyota Sienta super white 2, yang saya namakan “Sieput”, bisa datang ke rumah. Yang serah terima sendiri dilakukan di kantor.  Hanya spedometer sudah menunjukkan angka 100an, lupa saya foto sekitar 110.  Dengan alasan bahwa mobil itu dari kircon, dibawah ke cabang Soreang sebagai tempat marketing pembelian dan ke kantor yg kalau lihat di peta sekitar 48 km.  Ada sekitar 50 km an yg entah dipakai kemana 😔 .  Sieput sendiri punya pengertian sendiri.  Jika anda pernah melihat siput berjalan, maka mereka juga membawa pelindung yang juga termasuk tempat mereka berteduh.  Demikian juga Toyota Sienta alias Sieput ini, sebagai “rumah kedua” karena bisa buat barang dan baju yang cukup banyak dan lega.

Ini pengalaman saya, bagaimana dengan anda?

Share Button