Expedisi


Sebagai orang yang juga mencoba berjualan secara online, maka perusahan expedisi merupakan salah satu hal yang terlibat langsung mempercepat bisnis online ini.
Ada banyak expedisi yang ada di Indonesia, selain yang sudah lama dab merupakan BUMN yaitu PT Pos, ada juga yang punya swasta misalnya JNE, Tiki, DHL, dll.
Kalau diperhatikan masing masing punya segment tertentu, misalnya utk DHL biasanya digunakan oleh perusahan mengirimkan barangnya, JNE / Tiki biasanya digunakan oleh online shop, sedangkan PT Pos banyak digunakan karena cabang yang tersebar luas di seluruh Indonesia.
Dari segi biaya, tentunya masing masing mempunyai kebijakan sendiri sendiri, tergantung segment yg di bidik serta variant dari segi kecepatan. Makin cepat tentu makin mahal ongkosnya.


Saya sendiri lebih cenderung menggunakan JNE, karena memang agent nya banyak tersebar khususnya di area jakarta / bandung. Pernah juga dalam bisnis online ini menggunakan kantor pos sebab volume yang sedikit banyak yg mempengaruhi faktor price.

Sedikit membagi pengalaman dengan JNE. Ketika ada complain dari customer, maka dengan segera saya membuka website JNE, untuk mentrack akan barang tersebut. Harus diakui inovasi website dalam mengetahui status barang tersebut memudahkan kita sebagai customernya.

Setelah menuliskan no resi, maka hasil statusnya pun keluar. Saya coba contact ke no tlp yang ada di website tersebut, tapi tidak bisa terhubung, mungkin belum sempat di update no tersebut. Tapi google bisa membantu kita mendapatkan apa yang dibutuhkan. Setelah mendapatkan no yg bisa dihubungi, maka di coba utk telp. Salut untuk pegawai JNE karena mereka cepat respon mengangkat tlpnya.

Setelah mengutarakan maksud mencari jejak akan barang tersebut, rupaya paket tsb kembali ke mereka oleh kurir karena alamat tidak dikenal. Tentunya saya perlu minta solusi, dan mereka sangat baik untuk memberikan solusi, yaitu meminta alamat tersebut dengan dengan gedung apa, yg memudahkan mendapatkan alamatnya. Saya coba contact customer saya untuk mendapatkan posisi alamat tersebut. Setelah didapat, maka saya pun men sms lokasi area ini.
Respon dari sms pun cukup
“sip pak, on proses antar ulang kurir area kami.” Kata sms tersebut.

Ternyata memang mudah koq kalau kita mengurus sesuatu. Asalkan komunikasi bisa berjalan dengan baik. Karena dengan komunikasi yang bisa dimengerti satu sama lain, membuat setiap problem cepat teratasi.

Salut untuk pegawai JNE dengan respon cepat mereka, membuat kita sebagai customer tidak akan ragu menggunakan jasa mereka. Juga tehnologi yang dipakai memudahkan dalam melacak paket kita.

Share Button