Fuel Consumption Anex


Setelah beberapa lama tidak pernah mencoba untuk mengetahui Fuel consuption dari all new xenia maka kali ini saya mencoba untuk mengetest kembali apakah memang cara mengendarai saya termasuk irit bensin atau tidak.
Tentunya kita paham bahwa pengiritan ini dipengaruhi oleh banyak aspek. Misalnya:


– Jenis Kendaraan
– CC kendaraan
– berat kendaraan dan penumpang
– cara kita mengendarai
– kondisi jalan
– dll yang anda bisa tambahkan

Nah pada pertenghan bulan pebruari, saya mencoba untuk menguji berapa sebenarnya fuel consumption dari All New Xenia tipe M ini. Adapun kriteria yang saya gunakan adalah:
– isi full bensin di pom bensin Pasteur sebelum Mall BTC
– masuk ke toll pasteur
– keluar gerbang toll bekasi barat
– jalan non toll arah ke taman wisma asri. Kondisi agak macet ketika melewati pintu rel kereta baik pergi maupun sebaliknya. Kemungkinan ada 10 km jalan non tol ini pp
– balik masuk kembali gerbang toll bekasi barat
– keluar gerbang toll baros, langsung isi full tank di pom bensin dekat pintu toll tersebut
– pergi dengan kondisi 3 orang dengan berat total sekitar 180. Tanpa barang yang berarti kecuali backpack yang tidak berat
– pulang sendiri tanpa barang yg berarti
– km dalam posisi 8000-an

Dengan segala kondisi diatas, maka dengan menempuh perjalanan sekitar 256 km bisa mendapatkan komsumsi bahan bakar sebanyak 13,9 km/liter.

Tentunya hasil ini akan berbeda jika jalan yang ditempuh di tempat lain. Karena kondisi toll bandung – jakarta dipenuhi dengan tanjakan dan turunan. Dan masing masing akan berbeda juga walaupun dengan jalan yang sama karena karakter dari pengemudi itu sendiri.
Semoga bisa bermanfaat

Share Button