Inilah Biaya Service 10000 Toyota Sienta


Setelah menggunakan Toyota Sienta Type G, alias Siepit (Sienta Super White) selama 6 bulan sejak mobil ini serah terima, maka kini waktunya untuk service berkala 10000km

Secara booking, sebelumnya saya sudah booking ke A2K yang dekat rumah melalui aplikasi android sejak bulan sebelumnya. Tetapi ketika bulan Agustus mendekati service, saya mencoba untuk kontak delear tempat beli, siapa tahu ada diskon 17an. Juga coba kontak ke A2K suci, untuk maksud yang sama. Karena kita tahu bersama bahwa biasanya bulan kemerdekaan banyak bonus yang bermunculan di dunia Maya.

Akhirnya saya memutuskan untuk ke beres A2K Suci, disebabkan ada pemotongan khusus untuk member Tosca.

Hari sesudah kemerdekaan itulah yang saya pilih (Merdeka….. 😁) Ketika meluncur ke beres suci, ternyata A2K yang saya booking melalui aplikasi menelpon saya untuk memastikan kedatangan saya. Saat itu saya bilang aja cancel, padahal saya saat itu hanya berjarak beberapa ratus meter dari A2K tsb. Maaf …..

Sebelum jam yang ditentukan, saya telah berada di beres tsb. Proses pendaftaran tergolong cepat. Tanpa ambil nomor, tetapi ada seseorang yang menghampiri, melihat plat no, dan mengeprint melalui komputer, serta menyerahkan hasil print tersebut sambil di persilahkan tunggu di ruang tunggu dalam. Terlihat dilayar jelas ada kendaraan saya dalam status booking.

So, nga berapa lama, saya pun dipanggil. Kalau lihat urutan, memang saya orang kedua dalam antrian. Entah kenapa seperti nya agak sunyi sepi di hari ini, kalau saya compare dengan jika service mobil saya sebelumnya. Entahlah, mungkin karena libur kejepit, jadi orang pakai dulu mobilnya keluar kota atau tempat wisata.

ketemu SA (service advisor) saya utarakan apa yang perlu di lihat selain list yang ada di buku service. Intinya ada 3 yang perlu di lihat:

1. Rem tangan yang terasa sangat tinggi. Sehingga pernah mundur ketika berhenti. Ini sewaktu service 1000 pun saya pernah minta. Mungkin karena berjalan nya waktu, sehingga perlu juga di setting kembali.

2. Ketika tekan kopling untuk mundur, adakalanya tidak bisa masuk gigi persneling nya.

3. Adanya bunyi alarm ketika nutup pintu geser pakai remote.

Dari ketiga case ini, maka case ke tiga yang perlu waktu. Kenapa ? Karena ternyata data saya sebelumnya ketika service 1000 dan sebelumnya sempat komplain alarm, tidak tercatat di A2K. Berhubung beda dealer, jadi recordnya masing masing. Mungkin perlu di pikirkan oleh pihak Toyota (jika anda baca ini), bahwa semua service di authorized beres di mana saja, bisa terconnect di servernya Toyota, sehingga bisa di lacak kemana pun mobil ini service. Tentu perlu investasi tambahan, tapi saya percaya, Toyota bisa dan sanggup menyediakan server untuk pelayanan yang lebih baik. Semoga dibaca dan di dengar.

Nah, masalah alarm pintu geser ini, SA mengatakan bahwa agak sulit untuk membuktikan kalau tidak ada kejadian. Karena ketika diperiksa melalui komputer, tidak ada masalah yang terjadi. Jadi SA meminta waktu tambahan untuk periksa ini. Karena secara service sudah selesai sebelum makan siang. Akhirnya saya deal dengan SA akan diperiksa lanjutan sampai perkiraan jam 3 sore.

Oh ya, salut untuk pelayanan A2K suci, orang yang seperti saya yang harus menunggu melewati waktu makan siang, maka disiapin makanan kotak bagi customernya. Walaupun karena saya pesto-vegetarian, maka ada lauk yang saya tidak makan. Salut deh …..

Nah balik lagi ke service. Sekitar jam 3, maka SA pun menemui saya sesuai dengan perkiraannya. Saya pun di infokan bahwa ketika periksa ini ada terjadi kejadian alarm pintu ini. Secara penjelasan awal, sepertinya ada yang menghambat entah kotoran entah basah dll yang perlu di teliti lebih lanjut. Karena di infokan mereka pun punya groups teknik jika ada case case di bahas di groups tsb. Dan case saya ini baru pertama kali terjadi. Mestinya kalau ada hambatan, maka pintunya otomatis balik, seperti begitulah penjelasan SA nya. Jadi dimohon supaya mobil Toyota Sienta super white type G manual ini perlu di investigasi lebih lanjut, dengan waktu 1-2 hari. Yang berarti perlu di inapkan akan mobil ini. Karena mobil mau dipakai weekend ini, maka saya perlu cari waktu yang tepat untuk memasukkan mobil ini kembali. Saya akan tulis hasilnya di artikel selanjutnya. Jadi jangan lupa ikuti terus blog saya ini bagi anda pencinta otomotif, terutama pemilik Toyota Sienta.

Oh ya sebelum saya tutup, sebagaimana judul artikel ini, maka biaya yang diperlukan adalah sbb.:

1. Breaker cleaner ekatronic – Rp. 58.900 (ada sisa kaleng diberikan)

2. Basket – Rp. 8.325

3. Filter olie – Rp. 66.601

4. Olie full TMO 0-20w – Rp. 511.073 (ada sisa olie diberikan)

5. Balancing – Rp. 88.000

6. Meterai – Rp. 3.000

Total nya menjadi : Rp. 735.899. Perhitungan biaya ini sudah termasuk discount 7.5% khusus member Tosca.

Bagaimana dengan biaya service Toyota Sienta 10.000 km di kota anda? Share yuk…..