macam obat yang dibutuhkan


pernahkah anda sakit ? siapa sih yang nga pernah sakit ?
ketika orang itu sakit maka biasanya ada 3 cara untuk kesembuhan, yaitu pergi ke dokter, pergi ke tempat alternatif, atau dibiarkan saja karena dianggap bisa sembuh sendiri.
ketika anda pergi ke dokter, biasanya dokter akan memberikan resep untuk ditebus. atau bahkan untuk beberapa dokter praktek, mereka juga sudah menyiapkan sekaligus obatnya.
ketika kita keluar dari dokter, maka kita akan dibekali dengan bermacam jenis obat. mungkin pertanyaan anda, berapa jenis obat yang ideal.


disini saya sekedar sharing berdasarkan pengalaman ke dokter sejak di puskesmas sampai pernah dirawat di rumah sakit.
1. obat utama. jenis obat ini wajib akan anda terima, karena memang obat ini akan masuk sampai ke akar akarnya πŸ™‚ misalnya golongan antibiotik. ada begitu banyak merek yang beredar dari berbagai perusahan farmasi indonesia. di bandung saja ada beberapa perusahan farmasi misalnya otto pharmaceutical industries, sanbe farma, kimia farma, dll
2. obat penunjang. jenis ini diberikan untuk meringankan penyakit anda, tapi bukan penyebab utama. misalnya anda panas tinggi, maka akan diberikan obat penurun panas plus obat yang ada di jenis pertama diatas. atau orang yang mengalami operasi, maka akan diberikan obat penahan rasa sakit.
3. jenis multi vitamin. obat jenis ini biasanya ditambahkan oleh dokter untuk mempercepat pemulihan atau recovery. memang anda bisa dapatkan dari sayuran maupun buah buahan, tetapi karena anda sakit, maka perlu tambahan multi vitamin.

masing masing jenis ini bukan hanya satu macam, adakalangi lebih dari satu macam tergantung dari penyakit yang anda derita. semoga dengan tulisan singkat ini anda bisa memahami mengapa dokter memberikan anda sejumlah obat yang perlu diminum

Share Button