Mengembalikan brick xiaomi redmi 3


Setelah beberapa hari menggunakan xiaomi redmi 3 ini, tergelitiklah untuk mencoba “membongkar” akan isi dari xiaomi ini.

Ada 2 pilihan, apakah mau di root atau hanya di flash saja.  Akhirnya saya memutuskan untuk di flash darisebelumnya di 7.1.1 mau ditingkatkan ke lebih lagi.  Karena memang miui global saya tidak bisa update lagi, padahal di luar sudah sampai 7.2.4 yg lebih baik lagi.

Proses flash pun saya mulai dengan mencari bahan untuk di download.  Setelah bahan tersedia, maka dimulailah proses flash di laptop 64bit yang memang disarankan untuk digunakan.

Proses awal dengan menekan tombol power & volume + secara bersamaan pun dilakukan.  Kemudian muncullah tampilan untuk men tap akan download seperti petunjuk yang banyak beredar.  Setelah posisi mati, maka saya pun membuka driver manager.  Dan disinilah mulainya masalah tersebut.

Ternyata usb driver yang saya perlukan tidak ada, sehingga saya pun bermaksud untuk menggunakan file yang sudah di download.  Tetapi ketika itu saya klik untuk search otomatis.  Karena lama, saya mencancel untuk menggunakan manual.  Tetapi setelah cari manual akan file yang dibdownload tadi, ternyata tidak bisa terinstall.  Sewaktu di posisi have disk dan ambil .inf nya semestinya akan ada beberapa option yang nantinya kita klik untuk lanjut or next.  Tapi ini tidak muncul.  Dan ponsel xiaomi redmi 3 ini sudah keburu blank menunggu lanjutan proses.

Saya mencoba merestart akan laptop 64 bit ini, siapa tahu bisa kembali menemukan driver handphone ini.  Tetapi ternyata oh ternyata, ponsel xiaomi pun tidak bisa hidup alias brick.

Proses unbrick akan keadaan ini pun saya lakukan dengan search di google caranya.  Tetapi karena memang tidak bisa dolakukan apapun walaupun sudah beberapa situs untuk download driver saya jelajahi.

Akhirnya handphone xiaomi redmi 3 saya biarkan tanpa di sentuh.  Mencoba untuk dihabiskan batere nya.  Berhubung anda tahu bersama bahwa baterey nya xiaomi tidak bisa dicabut, alias permanent yg perlu dibuka sekrupnya yang entah dimana.  Dengan 4100mah kebayang kan menunggu habis baterenya.

Penantian menunggu habis batere ini saya lakukan selama 4 hari.  Kemudian kembali saya coba colok melalui laptop saya.  Dan tiba tiba yang tadinya brick aja, ternyata ada proses pengisian batere dan muncul di layat 0% battere nya.  Setelah itu muncul lingkaran yang memunculkan kata android dan kemudian masuk ke tampilan awal.  Setelah beberapa saat, layarnya otomatis redup karena memang disetting setelah beberapa detik redup.  Tapi problemnya ponsel xiaomi redmi 3 ini sudah tidak mau lagi bangkit / unbrick.  Bahkan tanda kehidupan pengisian batere yang biasanya ada lampu di tengah bawah ketika kita colok untuk charge tidak muncul kedipan lampu.  Coba ada semalaman di charge pakai listrik, besok pagi tidak ada tanda tanda kehidupan.

Kembali saya biarkan ponsel ini, dengan sekali kali mencoba menekan tombol power, tapi belum terjadi apapun.  Saya putuskan untuk mendiamkan beberapa hari.

Kemarin akhirnya saya mencoba untuk mencari orang yang ahli meng unbrick flash yang mati seperti ini.  Setelah komunikasi melalui wa, hari ini rencana akan pergi service.  Sebelum pergi, pada pagi hari, saya coba buka kembali laptop dan mencolokkan kabel usb ke xiaomi redmi 3 ini.  Tiba tiba lampu charge berkedap kedip tanda kehidupan.  Setelah beberapa saat muncul 0% akan tanda batere.  Saya coba tekan power untuk menghidupkan.  Ternyata mau muncul tulisan android dan tampilan layar awal.  Disini saya teringat beberapa hari yang lalu kalau setelah hidup layar otomatis redup dan tewas lagi.  Kali ini, saya berusaha untuk tekan layar supaya tidak auto off lagi sampai batere nya 2%.  Setelah itu, saya coba pindahkan ke charger pln.  Ternyata bisa hidup sampai saya tulis ini menggunakan xiaomi redmi 3.

Kalau boleh disimpulkan kuncinya adalah;

1.  Berdoa – ini yang utama

2.  Sabar – habiskan batere sampai beberapa hari.  Saran saya 3-4 hari lah

3.  Jika sdh on, pertahankan layarnya spy tetap hidup terus sampai minimal 2%.  Jangan tanya reasonnya, ini hanya pengalaman saja.

4.  Jika mau flash / root, pastikan semua bahan dan drivernya telah tersedia lengkap

Share Button