Pengalaman dengan Astra World


beberapa hari yang lalu, merupakan pengalaman yang pertama menggunakan jasa dari AstraWorld. jadi ceritanya ketika itu, si “Xeblac” [Xenia Black] di siang hari ketika akan digunakan entah kenapa pas kunci di posisi on, tidak ada tanda tanda kehidupan. biasanya ketika kita on kan kunci, maka akan ada tanda lampu di dashbord yang menunjukkan bahwa ada active atau tidak active akan lampu lampu tsb.
sebenarnya kecurigaan awal terjadi ketika menggunakan remote untuk buka pintu, ternyata remote nya nyala, tetapi pintu mobil tidak terbuka. akhirnya dibuka secara manual. dan setelah kunci di on kan, tidak terjadi suatu apapun.


kecurigaan awal ada 2, yaitu battere / aki dan sekering. diperkuat juga ketika mencari info ke teman teman jika terjadi kasus seperti ini. hanya problemnya adalah saya tidak mempunya avometer untuk mengecek batere. coba nanya ke tetangga itu pun hasilnya sama.
hal lainnya yaitu sekering ini, juga saya tidak mewngetahui yang mana harus diperiksa. karena memang saya hanya bisa makai nya aja, bingung jika sudah utak atik mesin mobil. sempat buka tempat sekering dan pelajari denah yang ada dibalik tutup tersebut, itupun belum bisa memmbantu.
akhirnya saya coba buka buku panduan untuk mencoba mencari jawaban di buku tersebut. setelah dibuka helai demi helai yang berhubungan dengan mesin dan kelistrikan, tidak ditemukan hal yang bisa membantu. apa memang saya kurang teliti melihat buku tersebut, ataupun memang belum ada petunjuk didalamnya. munngkin yang lebih ngerti yang baca ini bisa membimbing ke halaman berapa saya harus tengok 🙂
akhirnya saya teringat akan marketing dimana saya ambil Xeblac ini. kebetulan Pin BB nya masih nyangkut di saya. saya pun coba bbm ke dia untuk mencari info apa bisa di bantu. disarankan unntuk menghubungi saja Astra World. sekaligus diberikan no “sakti” nya 1500898 [di buku panduan seingat saya hanya 500898 aja]. sempat bertanya karena ini hari minggu, apa juga melayani hari libur. hanya karena di minta hubungi, saya pun mencoba untuk pertama kalinya menghubungi no tersebut.
hanya sebentar langsung tersambung ke CS nya, dan ketika itu hanya di data nama, No plat, alamat. simple ternyata 🙂 kemudian beberapa saat kemmudian, ada yang menghubungi saya, untuk menanyakan kalau ada permintaan masuk untuk problem ini. rupanya di no tadi itu adalah no nasionalnya, yang kemudian akan di over ke daerah terdekat dari mobil kita ini, dalam hal ini astraworld bandung.
setelah di infokan bahwa akan datang orang yang akan menangani masalah ini. dan betul, beberapa saat kemudiann, kembali handphonne saya berbunyi untuk menanyakan detil alamat. dan rupanya juga yang datang itu teknisinya berdekatan dengan rumah saya, hanya berbeda perumahan saja. sekalian pulang juga dalam tugasnya.
setelah melihat mesin, karena memang saya sudah membuka kap mesin dari tadi, orang tersebut mengambil aki MF / aki kering, dan menempelkan aki tersebut ke aki mesin. teknisi tersebut meminta saya untuk menyalakan mesin. dan……. ternyata langsunng ada lampu dan bisa langsung on lho. simple cara pemmecahannya rupanya, bahkan very simple kelihatannya, tentunya jika ada aki kering di sekitar kita. teknisi tersebut juga membawa semacam “powerbank” yang akan memancing juga jika diperlukan. sempat nanya kenapa bisa seperti ini, padahal air battere masih normal, dan beberapa bulan sebelumnya pada service terakhir, sempat di periksa battere termasuk di printout masih 2 or 3 bar di atas normal. ternyata ketika datang sebelumnya dia ke ruang kemdi, melihat tombol di sebelah kanan sempat turun kebawah. itu berarti ada proses arus selama mesin itu mati, yang menyebabkan arus listrik mengalir terus dan habis. jadi kita harus berhati hati juga nih, ketika keluar mobil, pastikan semua lampu tidak ada yang nyala ya.
iseng saya nanya, jika bukan member berapa biaya panggilan ini. teknisi tersebut mengatakan sejumlah nilai yang cukup untuk membeli sebuah modem USB yang bagus. tetapi karena membeli di astra group [dalam hal ini daihatsu] maka gratis selama 5 tahun termasuk derek jika bermasalah. iseng lagi saya nanya kalau derek itu bayar berapa? jawabanya nya ternyata 2 kali sebuah modem USB tadi. banyak juga euy. tapi jika nanti kita sudah lewat 5 tahun dan mau tetap jadi member bisa juga daftar dengan membayar sejumlah biaya senilai sebuah handphone 🙂
ini pengalaman saya, bagaimana astraworld membantu anda, silahkan di comment aja ditempat ini

Share Button