Pengalaman Mengurus Perpanjangan Pajak Kendaraan


Setelah mendapatkan sms pemberitahuan dari Daihatsu kalau sudah waktunya untuk mempersiapkan dalam memperpanjang pajak kendaraan bermotor, maka tentunya kita seperti biasanya yang utama adalah mempersiapkan dana khan. tahun sebelumnya saya mengurus perpanjangan ini melalui Samsat yang ada di Giant Pasteur, sehingga sekarang ini pun terpikirkan untuk kembali ke tempat ini.


di hari minggu dengan ketidakpastian apakah samsat ini buka atau tidak, maka saya pun meluncur ke Giant Pasteur yang berada di jalan Djunjunan Bandung. setelah mampir ke ATM untuk menarik dana sesuai yang dibutuhkan, dalam hal ini saya pun bersiap siap aja sekalian, jika pun tutup maka dana sudah ditangan sehingga bisa dilakukan pada hari senin.
kemudian meluncur ke lantai 2 [atau mezzanine ya?] setelah melihat ke dalam, ternyata ada banyak orang, yang berarti samsat ini buka. padahal kedatangan saya ini sudah menujukkan sekitar jam 14.00 alias 2 siang. saya pun meluncur ke tempat pengambilan nomor, ingat ya harus ambil 2 rangkap nomor. karenna yang satu untuk dipendaftaran bersama dengan STNK & KTP, sedangkan satu nya lagi untuk pengambilan hasil.
nomor urut yang saya dapat adalah 203. di papan panggilan menerima hasil sudah menunjukkan angka 170an. berarti ada sekitar 30an lagi. nanya ke orang yang duduk disamping saya [maaf lupa kenalan ya 🙂 ] untuk menunggu panggilan diloket 1 untuk penyerahan STNK & KTP ini. biasanya dipanggil 10 nomor sekaligus. akhirnya sayapun menunggu dan menunggu. hanya sekitar 5 menitan menunggu, dan melihat petugas di loket 1 itu sepertinya sudah tidak ada lagi yang daftar, plus orang disamping saya bilang untuk coba aja tanya langsunng ke loket 1, maka benar saja, ketika saya datang ke loket 1 ini, petugas langsung mengambil data saya. dengan terlebih dahulu membuka plastik STNK/Pajak, karena akan dipakai ulang. petugas loket 1 ini pun meminta untk tunggu aja dipanggil.
tidak lama kemudian, ada panggilan bahwa siapa yanng sudah ambil nomor, silahkan ke loket 1 untuk penyerahan berkas. opss rupanya petugas panggilan lupa mungkin karena ada beberapa orang langsung menuju ke loket 1.
ternyata tidak lama kemudian tampilan layar panggilan hasil sudah mendekati angka 200. dan benar saja, nomor saya pun 203 dipanggil karena sudah selesai. dan biaya yang dibuthkan untuk si Xenblac [nickname tunggangan saya, nga boleh ikut ikutan ya 🙂 ) untuk tahun ini adalah 1,91 jtan. seperti nya hampir sama dengan tahun sebelumnya, yang lupa saya crosscheck lagi.
kalau dihitung hitung sejak saya ambil nomor pendaftaran sampai selesai hanya berlangsung sekitar 1/2 jam saja lho. ternyata mudah dan gampang mengurus perpanjanngan pajak stnk di tempat seperti ini.
bagaimana dengan pengalaman anda, bisa di share yuk disini

Share Button