Pengalaman Pertama Menggunakan Kartu BPJS


Setelah sejak setahun yang lalu memiliki kartu BPJS kesehatan, maka di saat ini mencoba untuk digunakan pertama kalinya.  sejak kemarin badan ini terasa tidak enak, ditandai dengan flu.  apalagi pada pagi hari walaupun sudah mandi pakai air panas ternnyata merasa kedinginan.

oleh sebab itulah, saya pun tidak masuk kerja.  tetapi seperti di tempat kerja anda juga, bahwa sakit itu biasanya disertai dengan surat dokter.  inilah kesempatan bagi saya unntuk mencoba apa yang namanya BPJS.  oh ya sebenarnya selain BPJS, maka perusahan tempat saya bekerja memberikan juga asuransi kesehatan lainnya, tanpa melalui proses faskes tingkat 1 dst.

setelah selain makan dan membuka laptop untuk mengirimkan email yang perlu [walaupun sakit tetap kerja hehehehhe] maka saya pun meluncur ke tempat dimana saya didaftarkan ketika pengajuann awal, yaitu Faskes tingkat 1: klinik siliwangi Kesdam Cimahi.

meluncurlah saya sekitar jam 08.30 ke jalan stasion cimahi tempat faskes berada.  biasanya kebayang kalau dulu ke puskesmas, maka orang yang berobat itu banyak dan antri.  tetapi ternyata di tempat ini tidak terlalu banyak orangnya, entah karena hari kamis yang munngkin saja akan berbeda jika datang hari senin.

pas saya masuk dan mengeluarkan kartu BPJS, saya melihat ada tempelan kertas di situ.  dituliskan : Siapkan Foto copy kartu BPJS.  opsss…..  ternyata memerlukan FC nih.  di dompet memang tidak tersedia, jadi saya pun keluar dan bertanya ke tukang parkir tempat Foto copy terdekat.  setelah diberitahu ada di dekat pintu rel kereta, meluncur lah saya ke sana.  dari pada nanti bolak balik, jadi saya sekaligus aja FC KTP & BPJS ini.  karena di tempelas kertas pengumuman itu hanya diberitahukan KTA / Fotocopy [alias kartu tanda anggota TNI].

setelah habis FC, kembali saya ke tempat pendaftaran.  di wadah tempat pendaftaran tsb, yang biasanya banyak kartu saling bertindih, ini hanya kartu BPJS saya aja.  ini berarti petugas pun langsung mengambil kartu saya dan menanyakan apakah pernah berobat ditempat ini.  saya pun infokan bahwa ini pertama kalinya saya ke klinik ini.  jadi saya pun dibuatkan kartu berobat.  ditempat inilah ditanyakan jika punya FC BPJS dan KTP tsb.  yang kemudian ditukar, yang aslinya dikembalikan lagi.

saya pun menunggu kembali.  tak berapa lama pun saya pun dipanggil kembali untuk di data dengan form berobat yang perlu diisi.  disini ditanya kalau BPJS nya model apa, saya pun infokan bahwa tergabung di perusahan.  dan mereka menuliskan sebagai BPJS mandiri.  proses di tempat ini hanya sebentar juga, yang kemudian disuruh menunggu ke ruang tunggu dokter.

di tempat ruang tunggu ini, hanya ada sekitar 3 orang pasien didepan saya.  ini berarti tak berapa lama pun saya dipanggil unntuk masuk.  di dalam ini, diperiksa lah tensi saya, kemudian di tanya keluhan yang ditulis di lembar berobat saya. [oh ya, ternyata yang men-tensi darah saya rupayan 1 daerah dengan saya, alias orang kawanua yang berdarah jawa tapi lancar bahasa manado.  kalau tidak salah, lulusan akper di teling yang jadi anggota].  saya kirain sudah mau langsung ke dokter, ternyata disuruh tunggu diluar untuk dipanggil.  tapi, karena sebagaimmana info saya bahwa pasien yang berobat tidak terlalu banyak, maka saya p tidak berapa lama dipanggil masuk ke ruang dokter.  ditempat ini saya menginfokan keluhan saya.  dalam hal ini saya mempunya 2 tujuan, selain mengobati penyakit yang saya derita saat ini, saya juga minta rujukan ke dokter mata, berhubung sudah sekitar 2 tahun tidak pernah kontrol lagi, sekaligus ingin ganti kacama mata juga melalui BPJS.

nah setelah selesai ditempat ini, balik lagi ke tempat ruang pendaftaran, karena perlu di berikan nomor untuk ijin dokter [karena saya minta surat dokter] serta rujukan ke dokter mata.

sambil menunnggu ini, disarankan langsunng dulu ke apotik yang berada di gedung yang terpisah.  disini pun tidak lama menunggu, karena hanya 2 pasien di depan saya.  jadi tak lama kemudian saya pun dipanggil dan di infokan cara menggunakan obat ini.  saya cek jam ditangan saya, ternyata waktu yang diperlukan hanya sekitar 1 jam saja, sudah beres dengan obat ditangan.  salut nih buat klinik kesdam siliwangi dalam pelayanannya.

itulah kemudahan yang saya alami sendiri dengan karu berobat BPJS.  bagaimana dengan anda ? share yuk

Share Button