Pentingnya Wadah Packaging Obat


ketika kita mengalami masalah kesehatan, kita akan berusaha untuk bisa pergi ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang terbaik.  tentunya kita tidak ingin kalau sakit kita akan terlalu lama, sehingga mengganggu aktivitas kita sendiri.

ketika kita pergi ke dokter, maka selain konsultasi, tentunya obat pun akan diberikan kepada kita.  untuk dokter yang praktek di RS, tentunya resep akan diberikan kepada kita untuk ditebus di apotek.  untuk dokter yang berpraktek sendiri, maka selain resep yang ditulis ada juga dokter yang menyediakan obat dalam paket pemeriksaan nya.

obat yang kita tebus baik di apotik, maupun melalui dokter langsung, maka perlu sekali kita memperhatikan bungkus dari obat tsb.  jika kita tidak mendapatkan bungkus tsb, baik berupa foil stripping untuk sediaan tablet / kaplet / kapsul, ada juga dalam bentuk botol, tube, dan walaupun jarang ada juga dalam bentuk ampul.

bagaiamana pentingkah bungkus atau packaging itu bagi pasien?

1. packaging itu memberitahukan expired date.  dengan adanya pakaging sampai di tangan pasien, maka kita bisa mengetahui sampai kapan obat tsb bisa di pakai.  karena kita bisa mengetahui kapan itu diproduksi, serta kapan itu bisa kita pakai jika memang obat tsb, bisa disimpan kembali.  jangan sampai kita menerima obat yang tidak ada petunjuk ini, anda bisa meminta wadah / bungkusnya, jika memang tidak disertakan

2. perubahan obat.  ketika obat tsb dikeluarkan dari packingnya, misalnya foilnya di lepas, sehingga diberikan kepada anda hanya obat dan wadah plastik tembus pandang, maka kita harus hati hati khususnya dalam penyimpanan obat ini.  karena setelah dikeluarkan, maka obat ini bisa berubah warna karena anda salah meletakkan atau sembarang meletakkan obat tsb.  tetapi jika masih ada wadahnya, maka perlindungan khususnya terhadap cahaya, masih ada yang melindunginya. sehingga perlu bagi anda ketika mendapatkan obat bukan hanya obatnya saja, tapi juga bungkus atau pakagingnya.

3.   keamanan.  faktor keamanan bukan hanya milik kepolisian, tetapi juga terhadap obat ini.  dengan terlepasnya wadah pakagingnya, akan sangat berbahaya ketika kita akan minum obat, apalagi jika ada beberapa yang harus di minum, tetapi berbeda waktu.  sedangkan bentuk dan warna yang hampir sama, bisa menyebabkan harusnya minum malam hari, tetapi anda minum pada pagi hari.  apalagi jika yang menyediakan orang lain dan juga dengan terburu buru.

4. ¬†contact center. ¬†di dalam wadah, khususnya wadah luar, bukan yang bersentuhan langsung dengan obat, ¬†ada tercantum nomor telepon dari pembuat obat tsb. ¬†tentunya ada maksud untuk mencantumkan nomor telp ini. ¬†ketika anda meminum obat dan merasakan sesuatu terjadi “keanehan” dalam tubuh anda setelah minum obat tsb. anda bisa saja menghubungi dokter anda, tetapi pada umumnya anda tidak tahu nomor dokter anda khan? padahal anda perlu melaporkan gejala setelah minum obat ini. ¬†maka nomor yang ada di wadah ini, bisa membantu anda untuk konsultasi sehubungan dengan reaksi obat yang anda minum.

 

sebenarnya masih ada beberapa hal lainnya yang sangat perlu bagi kita.  sehingga jangan sampai ketika anda mendapatkan obat tanpa wadah keterangan sama sekali. kalau perlu, mintalah wadah pakagingnya sehingga anda merasakan lebih tenang.  jika ada tambahan lainnya silahkan untuk saling berbagi dengan mengisi comment dibawah ini

Share Button