Pleuritis


Apa itu pleuritis? Nama yang sangat jarang terdengar termasuk bagi saya sendiri.  Tetapi karena saya mengalami hal ini, maka akhirnya saya pun mencoba mengetahui akan istilah ini.
Secara arti maka ada yang namanya. Pleura yaitu selaput pemisah antara paru paru dan tulang rusuk.  Penyakitnya yang disebut pleuritis, suatu infeksi virus dari suatu penyakit yang diderita sebelumnya yang menyebar menuju pleura.  Diantara virus tersebut adalah virus influenza yang menyebabkan sakit flu.

Mungkin pembaca bertanya, bagaimana saya bisa dapat hal seperti ini?

Begini ceritanya (formil nih hahahaha)

Seperti biasa sejak tahun lalu saya ke kantor melakukan apa yang dinamakan #biketowork or #b2w .

2 minggu lalu di pagi hari yang jam perginya yang sdh tidak biasa lagi alias waktunya mepet, maka si spazio sepeda saya ini saya bawa agak lebih cepat dari biasanya. Ada “polisi tidur” yang agak gede saya libas juga. ¬†Dan disinilah awal mula itu. ¬†Pas saya libas poltur tsb tiba tiba saya jatuh……. ¬†Ban depan sepeda Pacific lepas…Pas..Pas…

Anda bisa bayangkan bagaimana saya dengan keadaan seperti itu.  Untung ada seorang mahasiswa unjani (?) yang menolong saya.  Dada dan sekitar tulang rusuk terasa sakit, kaki dan tangan juga.  Saya sampai di tidur telentang sambil diangkat bagian perut saya, seperti lihat pemain bola yang jatuh khan mereka juga sering ditolong rekan rekan nya dengan mengangkat bagian perut.

Ketika itu walaupun sakit, tapi saya coba meneruskan perjalanan ke kantor tetap menggunakan sepeda.  Terlambat? Ya ia lah apalagi sudah lebih berhati hati.

Siangnya saya merasakan tulang rusuk saya semakin sakit.  Sehingga meminta rekan kerja untuk mengantar ke rumah sakit yang ada dekat kantor.  Hasil Rontgen menunjukkan tidak ada tulang yang patah. Puji Tuhan.

Karena disaat tersebut saya lagi batuk pilek, jadi saya sekaligus minta obat flu ini.  Jadi ada obat utk jatuh ini yaitu penahan rasa nyeri dan obat batuk flu.

Jika pembaca melihat kembali diawal tulisan saya ini, bahwa penyakit pleuritis ini karena ada virus influenza, maka kombinasi kedua peristiwa inilah yang membuat saya harus kembali ke dokter.

Sakit sakitnya bagian tulang rusuk ini ketika batuk ataupun hanya bersin, maka saya kembali ke rumah sakit tempat saya awal di rontgent tersebut. ¬†Kali ini langsung ke dokter spesialis. ¬†Karena saya tidak mengetahui dokter spesialis di tempat ini maka ketika bagian pendaftaran mengajukan 2 nama dokter yang praktek, maka pertanyaan balik saya adalah siapa yang senior diantara ke duanya, saya daftar ke situ 😀

Dapat antrian No 10 yang lumayan lama juga apalagi bagi pasien jika ditangani oleh dokter spesialis yg biasanya sakitnya sudah naik kelas 😀

Ketika ketemu dokter maka dia minta untuk ambil darah plus melihat lagi hasil rontgent .  Nah setelah balik dari lab dengan hasilnya, saya sedikit discuss dengan dokter bahwa saya ini tulang rusuknya nga apa apa.  Dan tidak ada luka dalam seperti yang saya khawatirkan. Tetapi saya bilang kenapa ketika bangun dari tidur /berbaring sangat terasa sakit. Dokter katakan saya dapat pleuritis (bahkan sampai dokter nulis di secarik kertas, dan minta saya cari di internet)  saya dikasih pilihan mau dirawat inap atau berobat jalan opss tentu saja saya pilih rawat jalan.  Ini terjadi ketika saya minta surat dokter tidak masuk kerja u tuk hari ini.  Beliau bilang bukan cuma hari ini, tetapi 4 hari harus istirahat dan mesti control kembali.

So, begitulah kisah ku ini.

Jika ada teman teman yang bersepeda, tetaplah bersepeda terus tentunya dengan perlengkapan keamanan yang ada misalnya helm ( untung juga saya pakai helm ketika jatuh dari sepeda )

Jika ada teman yang mengalami seperti saya akan pleuritis, dengan gejala: sakit bagian dada atau bagian rusuk, batuk, demam, pernah mengalami trauma atau cedera bagian dada, segera aja ke dokter spesialis untuk ditindaklanjuti.

 #update:

Hari Kamis 090217 saya control ke dokter, seperti inilah percakapannya:

Denny: dok, gimana pleuritis saya?

Dokter: negatif

Denny: ?!$&#@

Dokter: nanti bapak ke fisiotheraphy ya.

Saat ini saya jadi bingung, entahlah. kalau ada yang tahu tukang urut di cimahi, info in saya ya 😂😱😷

Share Button