Plus Minus Medical Check Up


Tahun ini kembali saya melakukan medical check up yang dilakukan di tempat kerja saya. MCU ini rutin dilakukan setiap tahun sekali bagi seluruh karyawan.
Seperti tahun lalu, maka daftar isian data diri telah dibagikan hari sebelumnya. Sehingga memudahkan dalam proses pelaksanaan ini.
Ada beberapa paket pemeriksaan yang dilakukan, ini tergantung dari usia karyawan, kontak dengan lingkungan misalnya sering ditempat bising, dll.

Selesai melakukan pendaftaran, maka langsung meunuju tempat pengambilan darah. Entah kenapa sempat 3 kali penusukan jarum baru berhasil mendapatkannya. kemudian menuju tempat pemeriksaan mata. ada sesuatu yang harus diperhatikan disini, dengan menyebutkan angka yang ada diantara bulatan tersebut. But be carefull ya karena ternyata ada juga yang tidak ada angkanya 🙂 tahun lalu saya sempat agak sedikit lama disini, ternyata ada “jebakan yaitu tidak ada angka satupun disitu 🙂
Pemeriksaan mata sebagaimana biasa, yaitu membaca satu persatu huruf yang ditunjuk. Tahun lalu saya memulai untuk pertama kalinya menggunakan kacamata, jadi saat ini bisa lebih jelas dari sebelumnya 🙂
Pemeriksaan dokter, sebagaimana kalau kita berobat. Ada proses tanya jawab, dengan apa yang telah kita isi sebelumnya. Ada proses pemeriksaan fisik. Walaupun senter sempat mengalami error, untunglah ada persediaan batere sehingga bisa berlanjut. Kesimpulan sementara disini dalam keadaan sehat.
Dalam pemeriksaan Rontgent, kali ini entah kenapa, ada sedikit masalah dengan alat. Panas lebih dari biasa sehingga mereka perlu membuka alat tsb untuk diutak atik. Mungkin perlu diingatkan ke operator karena orang tersebut tidak menggunakan protector. Alasan yang dikemukakan karena berat sekitar 5kg. Saya sempat pegang memang terasa berat. Hanya yang saya tahu paparan akan sinar radiasi ini termasuk hal yang sangat perlu diperhatikan, sehingga disiapkan alat perlindungan diri. Semoga mereka tetap sehat walafiat.
Ada juga pemeriksaan lainnya. Yaitu pemeriksaan EKG, maaf saya lupa singkatannya berhubung nulis ini hanya menggunakan BB. EKG ini untuk mencatat denyut jantung kita, apakah normal atau bermasalah. Ada beberapa alat yang dipasang di tubuh kita, kemudian akan ada hasil yang keluar yang nantinya akan dibaca oleh dokter.
Selain itu pemeriksaan darah untuk 2 x pengambilan. Yaitu sewaktu puasa, dan sesudah 2 jam makan. Kalau yang pertama sampai harus 3x tusuk, maka sekarang cuku 1x tusuk di ujung jari dengan hasil langsung terbaca: 113 alias normal.
Ada juga pemeriksaan urin. Dengan memberikan suatu wadah tempat urin untuk diperiksa akan hasilnya.
Dalam pemeriksaan MCU ini, di dalam masyarakat ada 2 pendapat yang ada. Yang pertama suka akan MCU ini, sedangkan yang lainnya tidak mau. Ketidakmauan ini karena ada ketakutan jika ketika diperiksa dan kedapatan ada penyakit, malahan kata mereka akan membuat kita takut memikirkan penyakit tersebut. Apalagi jika penyakit tersebut cukup “berbahaya” dan “mahal” maka bagi mereka malahan akan membuat mereka stress memikirkan hal tersebut.
Namanya juga pendapat, tentunya ada plus minus dari hal tersebut. Bagi yang setuju mereka akan mengatakan bahwa ini baik karena akan mengetahui lebih dini gejala/penyakit yang ada sehingga bisa langsung segera ambil tindakan yang diperlukan.
Apapun pilihan tersebut, tergantung dari anda yang menjalani, apalagi jika itu dilakukan dengan biaya sendiri.
Ini pengalaman kehidupan ku bagaiamana dengan anda? Share yuk

Share Button