Rekening Bank bisa Minus ?


Dunia perbankan sekarang berkompetisi yang sangat keras.  Pemberian hadiah, jor joran bunga rendah untuk pinjaman KPR misalnya sering kita lihat di iklan, khususnya Koran nasional.  Pemindahan KPR dari bank A ke bank B pun banyak dilakkukan apalagi jika bunga nya sangat kompetitif.

Saya salah satu yang memindahkan kredit KPR dari suatu bank ke bank mandiri.  Awalnya saya ke bank sebelumnya karena waktu akad kredit tidak menggunakan uang muka.  Tetapi bunga bank cukup tinggi diantara lainnya.  sehingga ketika sudah berjalan beberapa waktu, maka saya pun memindahkan ke bank mandiri.  Kebetulan ketika itu sudah kenal dengan bagian marketingnya, sehingga prosesnya lebih cepat [tapi memang harusnya sih gitu ya J ] 

Tetapi ketika berjalannya waktu, saya melihat ada sesuatu yang “aneh” dengan rekening saya.  Jadi saya punya rekening misalnya A, dan rekening KPR misalnya B.  setiap awal bulan rekening A mentransfer secara otomatis ke Rekening B sejumlah dana kredit bulanan. Awalnya karena rekening A merupakan rekening payroll sehingga setiap awal bulan tidak akan mengalami masalah untuk auto transfernya.

Tetapi setelah pindah kerja dan pindah bank payroll, maka saya harus mentransfer dana yang ada ke rekening A ini.  dank arena gajian adalah tanggal terakhir di setiap bulan, sedangkan auto transfer adalah tanggal pertama di awal bulan, maka bisa saja karena keterlambatan saya untuk mentransfer, maka dana di rekening A kurang cukup untuk auto transfer.

Kemarin ketika saya mengecek di rekening bank mandiri ini, saya menemukan sesuatu keanehan terjadi.  Karena saya baru pada tanggal 1 pagi mentransfer dana ke rekening A ini, ternyata rekening A ini sudah terjadi auto transfer, padahal dana tersebut kurang.  Dan akibatnya, rekening saya bisa terjadi MINUS.   Apakah memang ini kebijakan bank mandiri, atau ada error yang terjadi, saya kurang tahu.  Mungkin anda yang berkecimpung di dunia perbankan bisa memberitahukan ke saya, apakah ini wajar terjadi Terlampir screen nya.

Share Button