Reksadana


beberapa waktu lalu saya mendapatkan email untuk sebuah penawaran mengikuti reksadana.  sebelum melanjutkan kita lihat dulu definisi menurut wikipedia: Reksadana adalah wadah dan pola pengelolaan dana/modal bagi sekumpulan investor untuk berinvestasi dalam instrumen-instrumen investasi yang tersedia di Pasar dengan cara membeli unit penyertaan reksadana. Dana ini kemudian dikelola oleh Manajer Investasi (MI) ke dalam portofolio investasi, baik berupa saham, obligasi, pasar uang ataupun efek/sekuriti lainnya.

biasanya kebayang oleh kita kalau mengikuti reksadana atau sejenisnya memerlukan dana yang cukup besar.  tetapi kali ini penawaran mereka bisa mulai dengan 10.000.  benar sepuluh ribu rupiah saja.  entah gimana perhitungan sampai memulai dengan angka seperti itu.
cara mengikuti reksadana inipun sangat mudah.  pendaftaran pun saya mulai lakukan.  ada beberapa data yang perlu kita isi yang bersifat keuangan.  dari bank, juga penghasilan kita setahun, serta data lainnya.  layaknya kita ketika membuka rekening di bank.  ada kecanggihan teknologi disini, yaitu ketika memerlukan tanda tangan basah, maka ini bisa dilakukan langsung melalui handphone kita sendiri.  tanda tangan itu sama dengan yang kita lakukan di atas kertas, tapi ini di atas layar handphone.
ketika selesai mengisi, ternyata ada resume profil resiko bagi kita.  kelihatannya ini akan mengikuti usia kita.  makin muda usia, maka resiko makin high.  tetapi usia makin lama, maka profil resiko yang rendah.

ini resume saya:

Profil Risiko kamu: Risiko Rendah

Tipe ini adalah investor yang kurang menyukai risiko dan cenderung menginginkan pokok investasinya tidak berkurang, konsekuensinya tipe ini rela mendapatkan imbah hasil (return) investasinya tidak tinggi. Pengetahuan investor tentang industri dan produk Reksa Dana tidak terlalu dalam.

Produk Reksa Dana yang cocok untuk tipe ini adalah Reksa Dana Pasar Uang, Reksa Dana Pasar Uang dapat digunakan untuk tujuan investasi jangka pendek (kurang dari 1 tahun atau hingga 1 tahun).

setelah selesai pendaftaran, awalnya saya ingin memulai dengan dana 10.000 ini, sebagaimana ketentuan minimal yang diijinkan, tetapi ternyata dompet saya hanya 9.000an, jadi nga sampai untuk minimum memulainya.  akhirnya saya mesti lakukan top-up dulu deh sebesar 100.000.

nah barusan saja sebelum saya tulis artikel ini, saya selesai untuk membeli reksadana sebesar 100.000.  kenapa saya pilih sebesar ini, karena bagi saya, saya ingin melihat jika berhasil maka duit nya sedikit kelihatan dibandingkan dengan dana minimal.  apalagi dalam 7 hari ini, kenaikan yang dilaporkan sebesar 0.02% [lihat gambar]

bagaimana hasil reksadana saya ini? apakah akan naik, atau malah akan mengurangi dana saya?  silahkan ikuti artikel ini minggu depan, semoga saya sempat untuk update hasil nya

#update 31/01/17 : Return nya naik 0.19%

 

Share Button