Review Ti-phone T68 Oleh Pemakai


hari minggu 14 maret 2010 jalan jalan ke BEC untuk mencari ponsel qwerty yang bisa gsm-cdma. ada beberpa pilihan yang bisa didapat, akhirnya jatuh pada Ti-phone T68. ketika itu penawaran harganya adalah Rp. 810.000 posisi kosong. setelah tambah memory card 1 GB plus anti gores maka harganya menjadi Rp. 855.000. ini sudah unlock, karenanya saya langsung isi Flexy + IM3
sekarang saya ingin membuat review sebagai yang menggunakan sendiri setelah sekitar 3 hari digunakan.

Tampilan.
dari segi tampilan cukup memuaskan menurut saya. di dus nya telah diberitahukan akan specification dari ponsel ini. tapi agak sedikit aneh yang saya perhatikan di dus / box ti-phone t68 ini. di bagian gambar tsb, khususnya pada layar ponsel ini, ternyata telah di lem [di tambal]. mungkin waktu proses produksi pertama, gambarnya tidak sesuai dengan ponsel [mungkin lho], sehingga mereka langsung tambal dengan lainnya. sayang sekali, perusahan sebesar ini, melakukan hal seperti ini. padahal berapa sih artinya jika dibuat lagi yang mungkin hanya mengeluarkan biaya Rp. 2500 – 5000 / box. dengan begitu ada semacam keyakinan dari pembeli bahwa perusahan ini serius untuk eksis terus menerus.
tampilan luar dari ponsel ini sangat menarik. ada pemisahan untuk card1 [cdma] dan card2 [gsm]. sedikit “tertipu” dengan model trackball yang ternyata hanya untuk tombol oke saja 🙁 . tidak terlihat tombol untuk membesar / kecilkan volume.
di bagian bawah ada 2 lobang. satu untuk charge [usb] dan satu lagi ada jack.
di dekat layarnya hanya ada tulisan T68 dan ti-phone
di sisi atasnya hanya ada 2 lobang untuk lampu senter.
bagian belakangnya ada camera + lampu sorotnya. camera disini sebesar 1.3 MP. agak unik juga dibagian belakang, karena ada lambang yang menyerupai BB. jadi kalau anda pegang dan menyisahkan bagian belakang tsb, maka orang bisa salah menyebut ponsel anda 🙂 . tetapi bagain bawah belakang ada tulisa ti-phone time to connect yang cukup besar jika dilihat dari jarak jauh

Isi
Ketika saya on hanphone ini, lumayan cepat langsung tampil utuh. ini saya coba bandingkan dengan soner g502 [sekarang di pakai istri]. 2 kali lebih cepat on pada T68 ini. untuk sinyal Flexi lancar lancar aja. sayang sekali untuk signal IM3 hanya mencapai 3 – 4 bar. padahal dengan posisi yang sama [berdekatan] ponsel soner G502 bisa mencapai Full Bar. kenapa? sampai sekarang saya lagi mencari jawabannya.
ketika mau setting untuk internet, saya harus kesana kemari sampai dapat. soalnya karena IM3 yang saya gunakan adalah Durasi, sehingga harus membuatnya sendiri yaitu masuk ke Pelayanan>Rekening Data>GPRS. oh ya… data CDMAnya nga bisa dipake internet. jadi flexi-unlimitednya nga bisa
setelah anda setting di pelayanan, anda harus setting lagi di bagian pengaturan java. karena disini anda harus memilih kartu yang akan digunakan untuk internet, serta jaringannya.
dari semua bawaan ponsel untuk internet [opera, Facebook, Chatbox, Yamee, MSN&Yahoo, Twitter, My Space] ternyata hanya berfungsi yang opera aja. yang lainnya tidak bisa digunakan. entah kenapa. ketika kita mencoba mengklik, hanya akan muncul “hubungan gagal” padahal kalau menggunakan opera bisa sukses menjelajah
satu lagi yang belum bisa dilakukan oleh ponsel ini, ketika saya akan mendownload file java. sampai saya tulis ini, selalu gagal. maka cara yang bisa saya gunakan adalah mentransfer melalui bluetooth dari ponsel soner g502. sedih deh kalau gini terus.

kamera, memang masih kalau sama soner. karena ini hanya 1.3 MP. cuma disini kita bisa foto diri sendiri, dengan menyettingnya lebih dahulu dibagian multimedia. gambar / foto/ video/ radio bisa berjalan sebagaimana mestinya.

satu hal yang perlu diingat, bahwa anda harus utak atik lagi di bagian menu suaranya. karena kalau tidak, ketika muncul pertama kali, atau ada sms maka akan keluar suara Dari Tel*****l [istri saya sampai protes, koq IM3, tapi suaranya jadi lain 😉 ]

ketika kita menuliskan sms, maka kita akan menulis sebagaimana biasanya. cuma kalau di soner g502 ada menu copy paste, maka saya tidak atau belum menemukannya disini. untuk menulis sms tidak akan mengalami kesulitan, karena mudah dalam menunya.

yang agak unik [menurut saya] ketika dalam posisi off, maka kita harus menekan tombol phone merah [tombol kanan] untuk meng-on-khan. kemudian harus tekan tanda balik+# untuk mode aktif. “tipuan” sedikitm karena kita diminta untuk “Tekan RSK untuk mengaktifkan” padahal ketika kita tekan tombol tsb, malahan tidak aktif aja. aya aya wae ‘nya!!!

secara umum boleh lah saya bilang cukup memuaskan dengan harga segitu untuk hybrid gsm-cdma, dan jika anda memang mencari ponsel hybrid, saya sarankan anda bisa memilih ini dibandingkan dengan lainnya yang harganya lebih mahal lagi.

Specification Tiphone T68

Technical Profile
Network GSM 900 / 1800MHZ & CDMA 800MHZ (Hybrid)
Dimension 110 X 57 X14 mm
Display 2” TFT, 65 K colors, 176×220 pixels
Batery (Standby/Talktime) 1100 mAh (250 hrs/240 mnt)
Memory 761 KB + Micro SD (Up to 2 GB)
Connectivity GPRS class 12, Bluetooth, USB

Multimedia
Camera Dual camera (1.3 MP & VGA), flash, Video Recording
Audio MP3/WAV/Midi/AMR
Video 3GP
Media Tuner FM Radio
Games Puzzle, Java Downloadable

Other Feature
Call Function Caller ID, Speaker Phone, Call record, Blacklist
Messaging SMS, MMS, IM
Contact 300 Contacts
Browser Opera Mini, WAP browser
Organizer calendar, alarm, world clock, calculator, stopwatch, unit converter, currency converter, sound recorder
Application Facebook, Chatbox, Yamee, MSN&Yahoo, Twitter, My Space, ebook reader

——————————————————
DAPATKAN PENGHASILAN TAMBAHAN DI WEBSITE ANDA DENGAN MENDAFTARKAN DI KUMPULBLOGGER
——————————————————

Share Button