Tips membeli obat murah


Kebutuhan akan obat menanjak dari tahun ke tahun. Obat yang dikeluarkan pun saat ini banyak ragamnya serta dengan berbagai merek. Seringkali kita sendiri dibuat bingung. Selain itu harga obat juga bervariasi satu sama lain.
Jika saat ini anda sedang membutuhkan obat, atau mengkomsumsi obat secara rutin, maka saya coba menuliskan cara untuk mendapatkan harga murah akan obat tetapi tentunya bukan murahan.
Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan from Dekan :

1. Cari apotik yang tidak dekat pusat kesehatan. Jika obat yang anda perlukan masih bisa ditunda, alias bukan obat life saving, maka cobalah mencari obat sedikit agak jauh dari seputaran rumah sakit. Karena umumnya orang sakit akan segera mencari obat secepatnya, padahal obat itu mungkin akan diminum nanti 3-4 jam kemudian setelah tiba dirumah. Anda bisa bandingkan harga di beberapa apotik dengan jarak yang bervariasi dari pusat kesehatan menuju rumah anda.

2. Mintalah dokter menulis resep generik. Adakalanya dokter bertanya kepada pasien untuk obat ini. Jika tidakpun atau lupa, kita bisa berinisiatif untuk memberitahu dokter obat generiknya. Saat ini sdh sangat banyak obat generik yang tersedia dari berbagai penyakit. Tetapi jikapun tidak, coba terapkan cara di bagian 1.

3. Jika anda diberikan obat yang ada mereknya ataupun generik, perhatikan HET (harga Eceran Tertinggi) yang ada dikemasan obat. Cek di box nya atau di foilnya. Jika harganya diapotik tsb lebih dari HET, coba cari tempat lainnya

4. Saat ini ada apotik online atau pesan antar. Siapkan resep karena akan diminta oleh kurir nantinya. Biasanya harganya agak lebih, karena ada biaya pengantarannya. Teliti atau tanya dulu biaya pengataraannya. Syukur syukur jika free biaya expedisinya sehingga mengurangi pengeluaran anda

5. Pastikan bahwa Expired Datenya belum terlewati. jika obatnya murah pastikan belum ED. Perhatikan masa pakainya. Misalnya anda diberi obat untuk 2 bulan, pastikan di obat terakhir yang diminum, belum Expire Date. Jangan sampai anda terkecoh dengan harga murah padahal sudah ED

6. Dibeberapa kota, ada apotik yang dikenal murah. Umumnya mereka bisa murah, karena membelki dalam volume yang besar. Jika obatnya cukup mahal harganya untuk ditebus, tidak ada salahnya anda bisa mempertimbangkan mencoba ke apotik tsb.

Silahkan jika ada teman teman punya tips untuk di comment dibawah ini.

Share Button