Training Saham Analisa Teknikal


setelah hampir sebulan mengikuti pergerakan saham, dengan hanya belajar secara otodidak saja, maka saat di infokan kalau Mansek akan mengadakan training basic 2 berupa pemakaian aplikasi MOST dan analisa teknikal maka langsunng aja tawaran tersebut saya tangkap.

karena hari minggu biasanya dekat lokasi kantor Manset itu sangat crowded dengan pasar kaget jadi perlu management waktu untuk mengikuti ini.  bukan hanya manangement saham yang perlu di kelola 🙂 .  

menjadi orang yang pertama datang ketempat tersebut, menunjukkan keantusiasan saya belajar lebih dalam mengenai penggunaan aplikasi dan analisa ini.  tepat nya ada 5 orang yang ikut serta, dan saya yang paling tua 🙂

awal pembahasan adalah mengenai aplikasi MOST yang digunakan.  dengan mendapatkan penjelasan dari Setup sampai View yang ada di Bar aplikasi tersebut.  secara pemakaian memang saya sendiri agak jarang menggunakan aplikasi di komputer, tetapi lebih banyak dilakukan melalui aplikasi android.  tetapi kali ini di bahas aplikasi yang ada di komputer nya.  sebenarnya hampir sama aja, kecuali beberapa yang lebih baik dengan komputer, misalnya dengan mmelihat Composite Screen yang ada di Quote pada bar Most.  Composite ini bisa melihat Running trade IHSG, ada juga Index Done, Index daily, News.  juga di bagian lainnya dalam 1 layar tersebut ada Stock Price, stock Done, Stock Chart, serta portofolio kita.  jadi cukup lengkap dengan hanya melihat dalam 1 tampilan semuannya sudah muncul bahkan bisa langung buy or sell saham tersebut  silahkan anda buka aplikasi Most Komputer anda dan lihat hasil nya.

oh ya, dalam saham ini ada juga istilah RG, TN, NG.
RG = Reguler, yang berarti perdagangan ini di saham seperti biasa kita lakukan secara reguler.
TN = Tunai, ini transaksi khusus misalnya ketika ada RI yang kita dapat sebelumnya.  dan waktunya untuk transaksi yang akan diinfokan ke kita periode waktunya bisa dilakukan di tempat ini
NG = Negoisasi, entahlah apa kita perlu lakukan ini sebagai pemula, karena ini berarti kita akan melakukan buy / sell secara khusus misalnya jika beli saham di bawah Rp. 50.

pembaca bisa mengexplore lebih lanjut akan fitur yang ada di aplikasi ini, atau jika saya sempat, saya akan coba menuliskan lebih lanjut untuk fitur yang ada termasuk fitur buy order, booking order, maupun auto order.

selain itu dalam training ini juga membahas tentang analisa teknikal yang kita perlukan.  ada beberapa analisa yang bisa kita lakukan.  misaalnya:

Bollinger Band – ini kita bisa lakukan dengan
# mengklik Chart yang ada di Bar,
#kemudian klik kanan di dalam chart tersebut untuk membuka chart setting
# pilih Price Indicator
# tick Bollinger Band
# Klik Setting untuk memilih warna dan garis nantinya
jika sudah maka akan masuk ke layar.  disini kita akan melihat layar dengan tampilan 3 garis pada candle.  Bollinger Upper, middle dan Low.  waktu nya anda Buy jika candle nya mulai menjauh dari Lower.  tetapi silahkan anda Sell jika sudah mendekati Upper.  tapi jangan hanya melihat 1 indikator ya, tapi compare dengan indicator lainnya.  karena namanya hanya indikator, makin banyak yang dipakai dan nyambung maka makin baik analisa teknikal nya.

berikutnya coba kita lihat secara MACD.  ini banyak ulasan yang bisa kita baca di internet maupun teori buku.   silahkan anda:
#klik kanan untuk membuka Chart Setting
# pada bagian indicator setting pilih MACD,
# kemudian silahkan setting untuk warna dan ketebalan nya
disini kita bisa melihat moving average dari saham yang ingin kita lihat.  tentunya tergantung kita melihat di MACD nya berapa hari.  Akan berbeda jika sebagai trader harian dengan penggunaan untuk investasi jangka panjang.  silahkan lihat di text book atau atau buku buku cetak, karena ini memang banyak di bahas.

selain itu ada juga yang jenis Stochastic.  ada yang slow atau yang fast.  indikator ini ada %K dan %D. perhatikan jika %D di bawah %K maka waktunya untuk Buy, tapu sebaliknya jika %D diatas %K maka waktunya bagi anda untuk sell.

hal yang ke empat yang perlu di combine sebelum memutuskan adalah dengan melihat petunjuk langsung buy or sell dari aplikasi ini
#di sudut kanan atas ada Strategy,
#coba di klik, dan pilih Applying Trade Strategi.
# pilih strategy MACD Signal
maka di sini akan ada tulisan Buy or Sell di beberapa bagian kurva ini.

nah ingat, jika kita asumsikan 4 teknikal ini sebagai 100%, sehingga masing masing petunjuk adalah 25%, maka ketika 3 petunjuk menunjukkan Buy, bisa dikatakan ini rekomendasi Buy, begitu sebaliknya, jika hanya 25% yang mengindikasikan Buy dan 75% mengindikasikan Sell, maka kita ikut dengan sell.  tetapi jika 2 teknika bilan buy, dan 2 teknikal bilang sell, itu berarti kita perlu melihat indicator lainnya.  apa itu?  saya sendiri akan melihat volume transaksi akan mengarah kemana, entah naik or turun.

mungkin ini sebagiian yang bisa saya bagikan setelah mendapatkan pelajaran menganalisa secara teknikal.  jika anda ingin mengetahui bagaiamana hasilnya, silahkan ikut tulisan saya di waktu berikutnya untuk menginformasikan hasil yang saya peroleh

 

 

Share Button